Keistimewan Shalawat Al In'am Latin dan Artinya

 

Keistimewan Shalawat Al In'am Latin dan Artinya

Syahadat.id - Peranan Shalawat sangat penting bagi kehidupan seorang muslim sebagai bentuk komunikasi intens antara hamba dengan kekasih Allah yaitu Nabi Muhammad.


Di samping itu, Shalawat menjadi faktor penentu doa supaya dikabulkan oleh Allah bahkan menjadi rukun dalam shalat wajib maupun shalat sunnah.


Ini menandakan bahwa shalat tak akan diterima  oleh Allah saat orang yang shalat tidak membaca shalawat kepada Nabi Muhammad.




Shalawat In'am, latin dan artinya


Ini bunyi Shalawat In'am:



اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ عَدَدَ إِنْعَامِ الله وَأِفْضَالِهِ


Allahumma shalli wasallin wabarik ala sayyidina muhammadin wa'alalihi adada in'amillahi waifdhalih.


Artinya: Ya Allah berikan rahmat dan keselamatan juga keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dengan hitungan nikmat-nikamt Allah dan anugerahnya.


Keistimewaan Shalawat In'am


Syeh Yusuf An Nabhani dalam kitab Jami' As Shalawat mengutip pendapat imam Shawi bahwa orang yang membaca shalawat In'am akan membuka sumber kenikmatan dunia maupun nikmat akhirat.


Baca juga:


Begitu pula, orang yang memperbanyak Shalawat In'am akan mendapatkan banyak pahala bahkan mendapatkan kedudukan yang tinggi di hadapan Allah dan Rasul-Nya.


Di samping itu, peranan Shalawat In'am ini sebagai penarik rizki, usaha seseorang akan dimudahkan oleh Allah berkah shalawat kepada Nabi Muhammad.


Oleh: Moh Afif Sholeh, M.Ag