Makna Doa dan Tujuan Pokoknya yang Perlu Dipahami

Makna doa dan tujuannya
Makna doa dan tujuannya


 Syahadat.id - Berdoa, sebagaimana kita ketahui adalah kegiatan memohon sesuatu kepada Tuhan (Allah SWT). Dengan berdoa kita membuat permohonan dan berharap mendapatkan  sesuatu. 


Berdoa merupakan salah satu kegiatan penting namun sering diabaikan. Terlebih jika kita sedang tidak merasa kesusahan. Kita merasa tak perlu berdoa, tak perlu meminta. 


Pentingnya berdoa sama halnya seperti bernafas menghirup udara, makan dan bekerja untuk kelangsungan hidup, dan hal penting lainnya. Namun karena satu dan lain hal, berdoa dianggap kegiatan yang dikesampingkan. 


Berdoa Sebagai Penyelaras Kehidupan


Memang berdoa bukan satu-satunya hal terpenting agar hidup seimbang. Tapi dengan berdoa, hidup akan serasi, selaras serta mampu mencapai keseimbangannya. 


Seperti kata mutiara yang sering diacuhkan di sekitar kita, "bekerja tanpa berdoa itu sombong, berdoa tanpa bekerja itu sia-sia". Karena memang antara bekerja Dan berdoa harus dilakukan dengan seimbang agar tujuan kita dapat tercapai. 


doa termasuk ibadah
Doa termasuk ibadah



Agar kita memahami makna dari doa, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui agar sesuai dengan situasi dan kondisi. Mari kita simak uraian dibawah ini:


Pertama, Doa termasuk ibadah


Berdoa termasuk perintah al-Qur'an, jadi orang  yang melakukannya akan dicatat sebagai ibadah. Misalnya kita mengucap dua kalimat syahadat yang terangkum di dalamnya sholat, puasa, zakat, haji sampai bernadzar kepada Allah. 


Mereka melakukan ibadah ini memohon agar diampuni segala kesalahannya, mengharap pahala dan takut akan azabNya. Barangsiapa yang telah melakukan ibadah ini maka ia telah berharap memohon ampun kepada Allah SWT. 


Kedua, Doa sebagai bentuk permohonan kepada Allah


Berdoa merupakan melakukan amalan untuk memohon suatu hajat yang bermanfaat, atau menghindarkan diri dari bahaya. Sejatinya berdoa dipanjatkan kepada Allah SWT.


Baca juga:


Sejatinya doa ibadah dan doa permohonan merupakan keterkaitan yang tidak terpisahkan.

Dalam Alquran terdapat ayat yang mengandung doa ibadah, ada juga yang mengandung doa permohonan, bahkan ada yang mencakup keduanya. 


Semoga kita termasuk yang mendapat kemudahan untuk berdoa kepada Allah SWT.


Wallahu a'lam bishshowwab

Semoga bermanfaat.