7 Nabi Diberikan Ilmu Khusus Oleh Allah

 7 Nabi Diberikan Ilmu Khusus Oleh Allah


Syahadat.id Allah SWT Dzat yang Maha Mengetahui akan segala-galanya. Ia memberikan pengetahuan kepada makhluk-Nya sesuai kemampuan masing-masing. Dengan ilmu ini diharapkan setiap manusia khususnya dapat mengetahui kebaikan dan keburukan, juga agar terhindar dari tipuan maupun kebohongan.

Allah menganugerahkan kepada  tujuh Nabi yang diberikan pengetahuan khusus dan keahlian yang spesifik. Dalam hal ini, Imam Ar-Razi dalam Tafsirnya yang berjudul Mafatih al-Ghaib, beliau menjelaskan,


Pertama, Allah mengajarkan kepada Nabi Adam banyak nama. Hal ini seperti keterangan dalam Surat Al-Baqarah: 31,


وَعَلَّمَ آدَمَ الْأَسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلَائِكَةِ فَقَالَ أَنبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هَٰؤُلَاءِ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ (31)


Artinya: "Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!"


Kedua, Allah menganugerahkan kepada Nabi Khidir akan ilmu firasat. Hal ini seperti keterangan dalam Surat Al-Kahfi: 65 yang berbunyi,


فَوَجَدَا عَبْدًا مِّنْ عِبَادِنَا آتَيْنَاهُ رَحْمَةً مِّنْ عِندِنَا وَعَلَّمْنَاهُ مِن لَّدُنَّا عِلْمًا (65)


Artinya:"Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami.


Ketiga, Nabi Yusuf diberikan ilmu akan ilmu takbir atau tafsir mimpi.


 رَبِّ قَدْ آتَيْتَنِي مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِي مِن تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ ۚ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَنتَ وَلِيِّي فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ۖ تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ (101)


Artinya:"Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian ta'bir mimpi. (Ya Tuhan) Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh."


Keempat, Nabi Dawud diberikan keistimewaan oleh Allah mampu membuat baju besi. Hal ini seperti dalam Surat al-Anbiya':80


وَعَلَّمْنَاهُ صَنْعَةَ لَبُوسٍ لَّكُمْ لِتُحْصِنَكُم مِّن بَأْسِكُمْ ۖ فَهَلْ أَنتُمْ شَاكِرُونَ (80)


Artinya:"Dan telah Kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu; Maka hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah)."


Kelima, Nabi Sulaiman diberikan kemampuan berbicara dengan bahasa hewan. Hal ini sesuai dalam Surat An-Naml:16


وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَاوُودَ ۖ وَقَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ عُلِّمْنَا مَنطِقَ الطَّيْرِ وَأُوتِينَا مِن كُلِّ شَيْءٍ ۖ إِنَّ هَٰذَا لَهُوَ الْفَضْلُ الْمُبِينُ (16)


Artinya:"Dan Sulaiman telah mewarisi Daud, dan dia berkata: "Hai Manusia, kami telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) ini benar-benar suatu kurnia yang nyata."


Keenam, Allah mengajarkan kepada Nabi Isa kitab Taurat dan memberikan kitab Injil. Hal ini seperti dalam Surat Ali Imran:48


وَيُعَلِّمُهُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرَاةَ وَالْإِنجِيلَ (48)


Artinya:"Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil."


Ketujuh, Nabi Muhammad diberikan keistimewaan dan kelebihan akan ajaran syariat, tauhid, serta diberikan pengetahuan yang ia belum ketahui sebelumnya. Hal ini sesuai dalam keterangan Surat An-Nisa 113


وَلَوْلَا فَضْلُ اللَّهِ عَلَيْكَ وَرَحْمَتُهُ لَهَمَّت طَّائِفَةٌ مِّنْهُمْ أَن يُضِلُّوكَ وَمَا يُضِلُّونَ إِلَّا أَنفُسَهُمْ ۖ وَمَا يَضُرُّونَكَ مِن شَيْءٍ ۚ وَأَنزَلَ اللَّهُ عَلَيْكَ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَعَلَّمَكَ مَا لَمْ تَكُن تَعْلَمُ ۚ وَكَانَ فَضْلُ اللَّهِ عَلَيْكَ عَظِيمًا (113)


Sekiranya bukan karena karunia Allah dan rahmat-Nya kepadamu, tentulah segolongan dari mereka berkeinginan keras untuk menyesatkanmu. Tetapi mereka tidak menyesatkan melainkan dirinya sendiri, dan mereka tidak dapat membahayakanmu sedikitpun kepadamu. Dan (juga karena) Allah telah menurunkan Kitab dan hikmah kepadamu, dan telah mengajarkan kepadamu apa yang belum kamu ketahui. Dan adalah karunia Allah sangat besar atasmu.


Juga seperti dalam Surat Ar-Rahman:1


الرَّحْمَٰنُ (1)عَلَّمَ الْقُرْآنَ (2)خَلَقَ الْإِنسَانَ (3)


Artinya:" (Tuhan) Yang Maha Pemurah,Yang telah mengajarkan al Quran.Dia menciptakan manusia.