Mimpi Membaca Al Qur'an, ini Penjelasannya

 

Mimpi Membaca Al Qur'an, ini Penjelasannya

Syahadat.id - Al Qur'an kitab suci sebagai petunjuk bagi orang yang mengalami kerisauan, kebisingan menghadapi problematika kehidupan juga sebagai rahmat bagi orang yang mau membaca, mengkaji serta mengamalkan isinya.


Bila seseorang bermimpi melihat atau membaca Al Qur'an maka ada beberapa penjelasan yang perlu dikupas.  dalam kitab Ta'thirul Anam fi Ta'birul Anam menjelaskan


 ﻗﺮﺁن ﻫﻮ ﻓﻲ اﻟﻤﻨﺎﻡ ﻗﺮاءﺗﻪ ﻣﻦ ﻣﺼﺤﻒ ﺃﻣﺮ ﻭﻧﻬﻲ ﻭﺷﺮﻑ ﻭﺳﺮﻭﺭ ﻭﻧﺼﺮ.


Bila ada orang mimpi membaca mushaf Al Qur'an maka di dalamnya ada perintah, larangan, kemuliaan, hal yang menggembirakan dan pertolongan.


 (ﻭﻣﻦ ﺭﺃﻯ) ﺃﻧﻪ ﻳﻘﺮﺃ اﻟﻘﺮﺁﻥ ﻇﺎﻫﺮا ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻣﺼﺤﻒ ﻓﺈﻧﻪ ﺭﺟﻞ ﻳﺨﺎﺻﻢ ﻓﻲ ﺣﻖ ﻭﺩﻋﻮاﻩ ﺣﻖ ﻭﻳﺆﺩﻱ ﻣﺎ ﻓﻲ ﻳﺪﻩ ﻣﻦ اﻷﻣﺎﻧﺔ ﻭﻳﻜﻮﻥ ﻣﺆﻣﻨﺎ ﺧﺎﺷﻌﺎ ﻳﺄﻣﺮ ﺑﺎﻟﻤﻌﺮﻭﻑ ﻭﻳﻨﻬﻰ ﻋﻦ اﻟﻤﻨﻜﺮ.


Sedangkan bila seseorang bermimpi membaca Al Qur'an tanpa membawa mushaf berarti ada seseorang yang berselisih dalam hal kebenaran dan tuduhannya benar serta ia menunaikan amanah dan dirinya tercatat sebagai orang mukmin yang khusyu' serta selalu amar ma'ruf nahi Munkar.


Dari sini, seseorang mengetahui bahwa Al Qur'an merupakan petunjuk bagi manusia terutama saat dirinya bermimpi membaca kitab suci tersebut menunjukkan kebaikan dan yang perlu dipahami bahwa saat seseorang bermimpi ayat-ayat tentang rahmat atau kabar gembira  maka maksudnya itu sebagai tanda kabar baik.


Sebaliknya bila ia membaca tentang ayat yang berisi tentang ancaman maupun siksaan maka ini pertanda supaya memperbaiki perilaku yang kurang baik supaya tak mendapatkan siksaan di akhirat kelak.