Penyebab Rizki Menjadi Mudah dan Penghalangnya

Penyebab Rizki Menjadi Mudah dan Penghalangnya


Syahadat.id - Hampir di setiap pesantren pasti diajarkan kitab ta’limul muta’allim karya Syaikh Zarnuji. Kitab yang ditulis pada tahun 593 H tersebut adalah kitab berisikan adab-adab atau etika dan hal-hal yang berkaitan dengan proses menuntut ilmu. Maka sepantasnya kitab ini menjadi kitab pegangan para santri dan siapa pun dalam menuntut ilmu. 


Syaikh Zarnuji mengutip sebuah makalah (ucapan) yang konon adalah makalah Imam Ali bin abi Thalib (Karramallahu wajhah) yang artinya 

ketahuilah bahwa kamu tidak akan mendapat ilmu kecuali dengan enam hal : kecerdasan, kemauan yang kuat, kesabaran, biaya, bimbingan atau petunjuk guru,dan waktu yang lama”. 

Biaya menjadi salah satu syarat atau sarana untuk belajar. Walaupun dalam hal ini biasanya adalah tanggung jawab orang tua, namun seorang pelajar juga harus tau tentang hal-hal yang dapat memudahkan datangnya rezeki. Maka Syaikh menjelaskan dalam satu bab atau fasal tentang hal-hal yang mendatangkan rezeki dan yang menjauhkan atau menghalanginya. Secara ringkas disebutkan.

Pertama, Hal-hal yang menghalanginya adalah: perbuatan dosa atau maksiat, tidur di pagi hari, banyak tidur, tidur dengan telanjang, buang air kecil telanjang, makan dalam keadaan junub, makan sambil berbaring, membiarkan sisa makanan berserakan, membakar kulit bawang, menyapu lantai dengan kain atau di waktu malam, membiarkan sampah mengotori rumah, lewat depan guru atau orangtua (dengan tidak sopan), memanggil orang tua dengan namanya, membersihkan gigi dengan benda kasar, melumurkan tangan dengan lumpur atau debu, duduk di beranda pintu, bersandar pada daun pintu, berwudu di tempat orang istirahat, menjahit pakaian yang sedang dipakai, mengeringkan wajah dengan baju, membiarkan sarang laba-laba berada di rumah, meremehkan atau bermain-main dengan sholat, bergegas keluar masjid setelah sholat shubuh, pergi ke pasar pagi-pagi dan berlama-lama di pasar, membeli makanan dari peminta-minta atau pengemis, berdo’a buruk untuk anak, membiarkan wadah tidak tertutupi, menulis dengan pena rusak, menyisir dengan sisir yang rusak, tidak mau mendoakan bagus pada orang tua, memakai serban sambil berdiri, memakai celana sambil duduk, kikir, terlalu hemat, berlebih-lebihan dalam membelanjakan harta, bermalas-malasan, menunda atau menyepelekan suatu urusan.


Penghalang rizki

Kedua, yang mendatangkan rejeki : bangun pagi-pagi, menulis dengan bagus, muka berseri, bertutur kata manis, melakukan sholat dengan rasa ta’zim dan khusyu dan sempurna, sholat dhuha, membaca surah Al-Waqi’ah khususnya di malam hari, membaca surah al Mulk, Al-Muzammil, Al-Lail, Al-Insyirah, datang di masjid sebelum adzan, selalu dalam keadaan suci, sholat sunnah sebelum shubuh, sholat witir di rumah dan tidak bicara urusan dunia setelahnya, jangan terlalu banyak bergaul dengan lawan jenis, jangan banyak omong kosong tiada guna, berdo’a di antara terbit fajar sampai masuk waktu sholat yaitu : 

Subhanallah wabihamdihi astagfirullah wa atubu ilaihi 100 kali, setiap pagi dan petang membaca do’a “la ila illallah almalik alhaqqul mubin” 100 kali, tiap sesudah fajar dan magrib berdoa “Alhamdulillah wa subhanallah wa la ilaha illallah”  33 kali, sesudah subuh baca istigfar 70 kali , memperbanyak ucapan “ la haula wa la quwwata illa billahi al  aliyyil azim” dan bersholawat untu Nabi Muhammad SAW. 

Lalu di hari Jum’at membaca “Allahumma agnini bihalalika an haromika wa akfini bifadlika amman siwaka” 70 kali, setiap siang dan malam banyak membaca pujian ‘Antallah al Aziz al Hakim al Karim, Antallah al Malik alQuddus, Antallah Kholikul Jannah wannar, Antallah alimul ghoib was syahadah, Antalla alimus sirri wa akhfa, Antallah al Kabir al Mutaal, Antallah kholiqu kulli syaiin wa ilaihi ya’udu kullu syaiin, Antallah dayyan yaumiddin, lam tazal wa laa tazaal, Antallah la ilaha illa Anta alAhad asShomaad, lam yalid wa lam yulad wa lam yakun lahu kufuwwan ahad, Antal Malikul Quddus asSalam alMu;min alMuhaimin al aziz al Jabbar alMutakabbir, la ilaha illa Anta alKholiq alBari al Mushowwir lahu al Asmaul husna yusbbihu lahu ma fissamawati wal ardh wa Huwal Azizul Hakiim”.

Baca juga:

Demikian hal-hal yang dapat mendatangkan rejeki dan yang menghalanginya yang dijelaskan oleh syaikh Zarnuji dalam kitab ta’lim al-muta’alim. Terkait dalil dari hal-hal teersebut Syaikh Zarnuji tidak menjelaskan terinci satu persatu, namun secara global Syaikh mengatakan bahwa dalil dari hal-hal tersebut adalah dari hadit-hadits Nabi Muhammad SAW dan astar (perkataan sahabat Nabi).

Rezeki memang sudah Allah tentukan namun agama memerintahkan kita untuk berusaha dan berdoa maksimal, termasuk dengan memperhatikan dan mengamalkan hal-hal di atas, sambil hati tetap tawakkal penuh berserah diri kepada Allah SWT.

Semoga kita senantiasa mendapatkan limpahan rejeki yang halal dan berkah sebagai sarana untuk ta’at kepada Allah SWT. Amin.

Penulis: Muhamad Agus Soleh, S.S.I, Penulis dan Da'i Muda