Analisis Elektabils Politik dalam kitab Alfiyah ibnu Malik

 

Analisis Elektabils politik  dalam kitab Alfiyah ibnu Malik


Syahadat.id -  Sebuah Partai politik (parpol) akan besar dan berkembang jika dilandasi pondasi yang kuat, serta pilar penyangga yang kuat dan saling menopang semua elemennya. berikut ini kami akan paparkan sebuah analisa politik dari kitab gramatikal Arab yang sangat monumental di dunia islam, walaupun di dalamnya menjelaskan tentang grammer, namun bila di telaah secara mendalam, tersimpan berbagai disiplin keilmuan, seperti tasawuf, politik, fikih munakahat dan lain sebagainya.

Beberapa hal penting, Seperti tertera dalam bait yang berbunyi:

فَارْفَعْ بِضَمٍّ وَانْصِبَنْ فَتْحًا وَجُـــرْ * * * كَسْرًا كَذِكْرُ اللهِ عَبْدَهُ يَسُــرْ
وَاجـزِمْ بِتَسْكِيْنٍ وَغَيْرِ مَا ذُكِـــرْ  *  *  *   يَنُوْبُ نَحْوُ جَا أَخُوْ بَنِيْ نَـمِرْ

Artinya: 

sebuah partai akan besar, tinggi elektabiltasnya jika mau bersatu (بِضَمٍّ), mempersempit perbedaan, serta akan kokoh dan bertahan lama(نصب) jika mau terbuka(فتحا) dengan semua golongan, tak terbatas golongannya saja. Jika hal itu tak dilakukan maka tinggal menunggu kehancurannya (كَسْرًا), terutama akan ada banyak faksi, perpecahan internal, yang menjadikan elektabiltasnya menurun secara drastis. Ketika kehancuran sudah tak bisa dibenahi lagi, maka tokoh-tokoh partai akan mencari ketenangan(بِتَسْكِيْنٍ), menjauhi segala hiruk pikuk intrik politik.

Dua bait syair diatas merupakan analisa yang sangat tajam terkait keberhasilan dalam dunia politik, diperlukan beberapa hal yang harus dilakukan.

A.   Faktor keberhasilan

 

  1. Persatuan

          Dalam sebuah partai politik, maupun organisasi, tanpa adanya persatuan bisa dipastiakan sebuah partai akan hancur, dan aspirasi yang akan diusung gagal ditengah jalan. Hal ini sesuai dalam pepatah arab:

الإتحاد أساس النجاح

Artinya: Persatuan sebagai dasar kunci keberhasilan.

Maka parpol yang ingi memenangkan Pilkada, maupun Pemilu harus bersatu semua elemennya baik tokoh, dan kadernya.

    2. Terbuka untuk semua

          Salah satu point penting keberhasilan sebuah partai, serta akan bertahan lama adalah adanya keterbukaan untuk menerima berbagai macam kritikan maupun masukan sebagai bahan evaluasi, serta tidak membatasi ruang lingkup, baik perbedaan ras, suku, dan agama. Semakin kita membuka diri dengan lingkungan, maka akan terpampang segala bentuk pemetaan(mapping) baik dari pemilih maupun kecendrungannya.

 

B.   Faktor hancurnya partai

 

          Elektabilitas sebuah partai akan turun disebabkan adanya perpecahan dari dalam(internal), misalnya perbedaan pendapat yang sangat mencolok, tak bisa dihindarkan lagi menjadi dasar hancurnya sebuah partai. Ada juga faktor eksternal yang disusun oleh lawan lawan politik(oposisi) yang ingin menghancurkan dengan membuat berita bohong(hoax) yang menjadikan reputasi menjadi anjlok.

 

C.   Menikmati ketenangan Batin

 

        Para petinggi partai, atau para pejabat struktural setelah partai atau organisasinya mulai redup, atau memasuki masa pensiun, mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk kepentingan sosial, dengan tujuan sebagai pemuas batin, yang selama ini belum terisi secara maksiaml, banyak orang cukup secara materi, namun kosong akan kebutuhan ruhani, dengan menjalankan ritual di tempat ibadah, dan menghabiskan waktu dengan pemuka agama yang selalu mengisi petuah-petuah yang mencerahkan hatinya. (mas)