Hikmah 99 Asmaul Husna dan Dalil-dalilnya

 

Hikmah 99 Asmaul Husna dan Dalil-dalilnya

Syahadat.id - Allah sebagai Tuhan semesta alam memiliki kekuasaan penuh atas segala makhluk-Nya. Begitu juga Dia mempunya nama-nama mulia yang biasa dikenal dengan Asmaul Husna.

Tugas Manusia tidak lain berusaha untuk mengikuti dan mengamalkan sifat-sifat Tuhan sehingga menjadi manusia yang dekat dengan penciptanya. 


Misalnya Allah memiliki sifat Ar Rahim yang berarti Allah Dzat yang Maha Penyayang. Sifat ini perlu dipraktekkan dalam kehidupan supaya menjadi insan yang mampu menyayangi, menyantuni orang lain baik sesama manusia maupun makhluk lainnya.


Dalam sebuah hadist dijelaskan bahwa jumlah Asmaul Husna ada 99 nama. Ini bunyi Hadisnya:


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا مِائَةً إِلا وَاحِدًا مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ. رواه البخاري


Artinya: Diriwayatkan dari Abi Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwasanya Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Barangsiapa yang hafal (mengamalkan isinya) maka kelak akan masuk surga. (HR. Bukhari).


Baca juga:



Dalil-dalil Asmaul Husna


Dalam Al Qur'an banyak ayat yang menyinggung tentang perintah berdoa menggunakan Asmaul Husna, diantaranya adalah:



وَلِلّهِ الأَسْمَاء الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا وَذَرُواْ الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَآئِهِ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُواْ يَعْمَلُونَ


Artinya: Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.(QS: Al A'raf: 180).

 


قُلِ ادْعُوا اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَنَ أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا


Artinya: Katakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu".(QS: Al Isra: 110).



اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى


Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang baik). (QS: Thaha: 8)


 

هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ


Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al Hasr: 24).


Dari penjelasan diatas dapat dipahami bahwa peranan Asmaul Husna sangat penting bagi kehidupan terutama sebagai sarana agar cepat dikabulkan dan sebagai inspirasi bagi umat manusia. (Mas)