Muhammad bin Al Husein Al Khusyu'i, Ulama' Besar Namun Merakyat

 

Muhammad bin Al Husein Al Khusyu'i, Ulama' Besar Namun Merakyat


Nama lengkapnya adalah Abu Abdillah Muhammad bin Al Husein Al Khusyu'i Al Asbihani. Ia lebih dikenal dengan panggilan Muhammad bin Al Husein. Ia dikenal sebagai seorang ulama' yang Zuhud atau tak gila dunia bahkan ia dijuluki Syeh Al Wara'iiyyin atau gurunya orang-orang yang menjaga dari hal-hal yang subhat (belum jelas hukumnya) serta dijuluki ahli qira'ah.


Syeh Syamsuddin Muhammad Adzahabi dalam Tarikh Al Islam menjelaskan beberapa murid-murid Imam Muhammad bin Al Husein yang terkenal adalah Abu Muslim Muhammad bin Bakar Al Ghazzal, Abdurrahman bin Muhammad bin Siyah Al Wa'idz.


Sedangkan Abu Naim Al Asfihani dalam kitab Hilyatul Aulia wa Tabaqatul Asfiya menggambarkan pribadi Muhammad bin Al Husein yaitu


ﻛﺎﻧﺖ اﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ﺣﺮﻓﺘﻪ ﻭاﻟﺘﻠﺬﺫ ﺑﺎﻟﻌﺒﺮﺓ ﺷﻬﻮﺗﻪ ﻟﻪ اﻟﻜﻼﻡ اﻟﺒﻠﻴﻎ ﻓﻲ ﺗﺄﺩﻳﺐ اﻟﻨﺴﺎﻙ ﻭاﻟﻌﺒﺎﺩ


Muhammad bin Husein selalu beribadah serta menikmati setiap ibrah pelajaran yang ia inginkan. Ia juga memiliki kata-kata inspiratif dalam membimbing para ahli ibadah.


Salah satu perkataannya yang inspiratif bagi orang yang mendekatkan diri kepada Allah yaitu


ﻣﻦ ﻟﺰﻡ اﻟﺨﺪﻣﺔ ﻭﺭﺙ ﻣﻨﺎﺯﻝ اﻟﻘﺮﺑﺔ، ﻭﻣﻨﺎﺯﻝ اﻟﻘﺮﺑﺔ ﺗﻮﺭﺙ ﺣﻼﻭﺓ اﻷﻧﺲ


Barangsiapa yang selalu berkhidmat atau melayani maka akan mendapatkan kedudukan yang sangat dekat dengan Allah. Kedudukan ini mampu menghantarkan seseorang kepada tingkatan yang nyaman atau nikmat.


Dari sini orang yang selalu melayani masyarakat dengan menuntun ke jalan kebaikan sehingga mereka lebih mengenal Allah maka akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia dan akhirat.


Moh Afif Sholeh, M.Ag