Doa Menghilangkan Rasa Waswas

Doa Menghilangkan Rasa Waswas


Syahadat.id - Setiap manusia akan merasakan keraguan saat menghadapi suatu hal sehingga ia merasakan kebimbangan untuk memutuskan atau mengambil sikap terutama dalam urusan ibadah seprti ragu dalam jumlah rakaat, waswas dalam berwudhu dan lainnya. 


Salah satu cara menghilangkan penyakit waswas yang datangnya dari bisikan syaitan adalah dengan menambah ilmu agama sebagai bekal dalam menghadapi tipu daya perangkapnya. Tanpa adanya pengetahuan yang cukup, seseorang akan selalu ragu, waswas dalam menghadapi apapun. 

Doa terhindar waswas

Rasulullah pernah  mengajarkan doa supaya terhindar dari penyakit waswas yaitu 

آمَنَّا باللَّهِ وَبِرُسُلِهِ

Aamanna billahi WA birusulihi

Artinya: Kami beriman kepada Allah dan beriman kepada Rasul-rasul-Nya. 

Hal ini sesuai penjelasan Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu As Sunny yang dikutip oleh Imam Nawawi dalam kitab Al Adzkar. 

ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ، ﻗﺎﻟﺖ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: ” ﻣﻦ ﻭﺟﺪ ﻣﻦ ﻫﺬا اﻟﻮﺳﻮاﺱ ﺷﻴﺌﺎ ﻓﻠﻴﻘﻞ: ﺁﻣﻨﺎ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﺳﻠﻪ ثلاثا ﻓﺈﻥ ﺫﻟﻚ ﻳﺬﻫﺐ ﻋﻨه

Artinya: Diriwayatkan dari siti Aisyah Radiyallahu Anha berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi wasallam bersabda: orang yang sedang mengalami waswas terhadap sesuatu maka hendaknya membaca tiga kali: kami beriman kepada Allah dan kepada rasul-rasul-Nya maka syaitan akan segera lari darinya.

Baca juga:


Menurut Imam Ibnu Hajar dalam Fatawa Al Fiqhiyyah Al Kubra menjelaskan bahwa salah satu cara mengatasi penyakit waswas dengan mempertebal keimanan. Orang yang yakin dan percaya akan adanya Tuhan akan selalu berusaha melawan pengaruh syaitan yang hendak menyesatkan dirinya. 

Keimanan akan menjadi benteng dalam menghadapi berbagai macam ujian yang di hadapi oleh manusia saat di dunia sampai di alam baqa.

Maka dari itu, seorang mukmin hendaknya memperbanyak doa diatas agar hilang penyakit waswas sehingga hidupnya semakin selaras dan bertambah sabar dalam menghadapi kehidupan yang sangat keras. 


Moh Afif Sholeh, M.Ag