Doa Supaya Selamat dari Hewan Berbisa

 

Doa Supaya Selamat dari Hewan Berbisa

Syahadat.idNabi Nuh termasuk salah satu Nabi yang mendapatkan keistimewaan diberikan umur yang panjang mengalahkan banyak nabi.

Ia selalu dikenang sepanjang masa, bahkan selalu mendapatkan doa keselamatan untuk dirinya.

Hal ini sesuai dalam Al Qur’an surat As Shaffat yang berbunyi:

سَلَامٌ عَلَىٰ نُوحٍ فِي الْعَالَمِينَ (79

Artinya: Kesejahteraan dilimpahkan atas Nuh di seluruh alam. (As Shaffat: 79).

Imam Raghib Al Asfihani dalam kitab Mufradat fi Gharibil Qur’an menjelaskan bahwa kata As Salam termasuk nama Allah. Ada juga yang mengartikan kata Salam berati sebuah sifat yang berarti keselamatan dari segala kekurangan (aib) maupun dari segala hal yang tak mengenakkan.

Menurut imam Ar Razi dalam tafsir Mafatihul Ghaib menjelaskan bahw Nabi Nuh mendapatkan kemuliaan dengan banyaknya keturunan darinya serta selalu mendapatkan nama baik dikalangan semua makhluk disebabkan keimanan kepada Allah serta ketaatan yang ia lakukan.

Imam Al Qurthubi menguti perkataan Said bin Al Musayyab yang menjelaskan bahwa orang yang membaca doa diatas akan diberikan keselamatan dari hewan berbisa seperti selamat dari sengatan kalajengking.

Maka dari itu, sebagai Umat Nabi yang taat, kita harus memperbanyak doa ini. Doa yang sangat singkat, namun isinya padat, penuh berkat serta untuk diberikan hidup yang selamat dari malapetaka.

Dari sini dapat dipahami bahwa doa diatas hendaknya dibaca saat menghadapi hewan yang berbisa supaya selamat.


Moh Afif Sholeh, M.Ag

Artikel ini pernah dimuat di masholeh.com