Makna Sehat Wal Afiyat

Makna Sehat Wal Afiyat


Syahadat.id - Kita sering mendengar atau mengucapkan kalimat “sehat wal afiyat”, tapi sudah tahu kah makna “afiyah”? .

Sehat wal afiyat berasal dari bahasa Arab yaitu Shihah wal afiyah lalu dalam bahasa Indonesia diserap menjadi sehat walafiyat yang berarti sehat dan kuat atau benar-benar sehat. Kata afiyah dalam bahasa Arab merupakan bentuk mashdar dari kata afa yang bermakna al-barro minal asqomi wal balaya ; bebas dari penyakit dan musibah.


Baca juga tulisan penulis:



Dalam sebuat riwayat hadits Nabi Muhammad SAW yang dikutip oleh Syaikh Nawawi dalam kitab Nashoihul ibad, Rosul menjelaskan makna afiyah : 

وقال رسول الله: العافية على عشرة أوجه، خمسة فى الدنيا وخمسة فى الآخرة؛ فأما التي فى الدنيا فهي العلم، والعبادة، والرزق من الحلال، والصبر على الشدة، والشكر على النعمة، وأما التي فى الآخرة فإنه يأتيه ملك الموت بالرحمة واللطف، ولا يروعه منكر ونكير فى القبر، ويكون آمنا فى الفزع األكبر، وتمحى سيئاته وتقبل حسناته، ويمر على الصراط كالبرق الالمع ليدخل الجنة فى السلامة.


Rasulullah bersabda : “Al-Afiyah” itu terbagi sepuluh macam. Lima macam di dunia dan lima macam lagi di akhirat. Lima yang di dunia adalah : ilmu, ibadah, rejeki yang halal, sabar atas penderitaan atau ketika sulit, dan bersyukur atas segala nikmat. Sedangkan lima yang di akhirat adalah : didatangi malaikat maut dengan kasih sayang dan lembut, tidak dikagetkan atau ditakuti oleh malaikat Munkar dan Nakir di alam kubur, aman dari segala ketakutan, dihapus segala kesalahan dan diterima segala amal kebaikan, dan dapat melewati  “siroth” seperti kilat untuk masuk surga dengan selamat.

Semoga kita senantiasa dalam keadalan sehat walafiyat. Amin.

Penulis: M. Agus Soleh, S.S.I.

Guru di Al-A’raf Indonesia, Depok