Doa Rasulullah berisi 4 Kunci Kesuksesan

Syahadat.id - Doa termasuk kategori dalam ibadah. Pada hakikatnya doa merupakan bentuk pengakuan diri atas ketidakberdayaannya dihadapan Penciptanya. Dari sini, orang yang tak mau berdoa berarti menganggap dirinya telah mampu bahkan tak sadar dirinya sudah terhinggapi penyakit sombong.

4 Kunci Kesuksesan
Doa Rasulullah berisi 4 Kunci Kesuksesan


Nabi Muhammad SAW sebagai seorang teladan yang baik menganjurkan umatnya untuk selalu berdoa. Salah satu doa Nabi yang berisi 4 Permintaan patut kita amalkan, seperti dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim

عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ  أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ كَانَ يَقُولُ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعفافَ والْغِنَى رواه مسلم

Artinya: Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud RA bahwasanya Nabi berdoa:” Ya Allah, aku meminta kepadamu agar selalu diberikan petunjuk, bertambah ketakwaan, mampu menjaga diri dan selalu tercukupi.” (HR. Muslim).

4 Kunci Kesuksesan

Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan maksud hadits diatas yaitu bahwa Nabi meminta 4 hal.

Pertama, agar selalu diberikan petunjuk (hidayah) ke jalan yang lurus yaitu jalan orang-orang yang diberikan kenikmatan yaitu Para Nabi, Orang yang benar (Shiddiqin) dan para Syuhada (orang yang mati dalam peperangan untuk menegakkan Islam).

Baca juga:


Kedua, bertambah ketakwaan, selalu takut akan siksaan-Nya dengan menjauhi larangan-larangan-Nya.

Ketiga, agar dilindungi supaya tak terlalu tergiur dalam urusan duniawi.

hidayah Allah


Keempat, selalu tercukupi kebutuhannya dengan tak terlalu menggantungkan diri kepada orang lain.

Sedangkan menurut Imam Thayyibi menjelaskan bahwa:

Hidayah dan ketakwaan seseorang sebagai kunci mendapatkankan keberuntungan dunia dan akhirat juga sebagai modal dasar seseorang memiliki akhlak yang mulia.

Dari penjelasan diatas dapat dipahami bahwa Nabi mengajanjurkan umatnya agar selalu memegang ketakwaan dan menjaga akhlak yang mulia dengan hidup mandiri tak menyusahkan atau merugikan orang lain.