Doa yang Diajarkan Rasulullah saat Terjadi Wabah Penyakit

Syahadat.id - Saat ini masyarakat merasa ketakutan dengan adanya virus Corona yang menyebar diberbagai negara. Hal ini menyebabkan banyak kendala diberbagai titik kehidupan mulai masalah ekonomi, kesehatan, maupun yang lain.


Doa Rasulullah
Doa yang Diajarkan Rasulullah saat Terjadi Wabah Penyakit


Sebagai seorang mukmin yang beriman kepada Allah seharusnya mengedepankan positif thinking atau Khusnudzon kepada-Nya terutama  dengan menggali hikmah dari musibah yang sedang mewabah ini serta tak menyalahkan kepada Tuhan dengan cara berputus asa yang akan merugikan dirinya sendiri maupun orang lain.

Salah satu bentuk usaha yaitu berusaha menjaga kebersihan diri dari kotoran dengan sering berwudhu serta memperbanyak doa terutama yang diajarkan Nabi Muhammad Saw saat muncul wabah penyakit seperti virus Corona. 

Baca juga:

Ini bunyi doanya

 

بِسْمِ اللَّهِ الْعَظِيمِ ، أَعُوذُ بِاللَّهِ الْكَبِيرِ مِنْ شَرِّ كُلِّ عِرْقٍ نَعَّارٍ ، وَمِنْ شَرِّ حَرِّ النَّار

Bismillahil Adzim A’dzu billahil Kabir min Syarri kulli Irqin Na’ar wa min  Syarri Harrinnar

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Dzat yang Maha Agung. Aku berlindung kepada Allah Dzat yang Maha besar dari kejahatan segala penyakit yang mengeluarkan darah terus menerus dan dari kejahatan panasnya api neraka.

Hadist yang Menjelaskan Doa Rasulullah saat terjadi Wabah Penyakit


nabawi
Masjid Nabawi


Hal ini sesuai Hadist Nabi yang dikutip oleh Imam Nawawi di kitab Al Adzkar yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu As Sunni

ﻋﻦ اﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ، ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻛﺎﻥ ﻳﻌﻠﻤﻬﻢ ﻣﻦ اﻷﻭﺟﺎﻉ ﻛﻠﻬﺎ، ﻭﻣﻦ اﻟﺤﻤﻰ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ: “ﺑﺎﺳﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﻜﺒﻴﺮ، ﻧﻌﻮﺫ ﺑﺎﻟﻠﻪ اﻟﻌﻈﻴﻢ ﻣﻦ ﺷﺮ ﻋﺮﻕ ﻧﻌﺎﺭ، ﻭﻣﻦ ﺷﺮ ﺣﺮ اﻟﻨﺎﺭ”.

ArtinyaDiriwayatkan dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma bahwasanya Rasulullah Saw mengajarkan kepada kami dari segala penyakit dan penyakit panas yaitu membaca: Bismillahil Adzim A’dzu billahil Kabir min Syarri kulli Irqin Na’ar wa min  Syarri Harrinnar.

Dari sini dapat dipahami bahwa Nabi Muhammad mengajarkan doa khusus agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang dialami oleh manusia dan doa merupakan salah satu bentuk usaha manusia agar diberikan kesembuhan setelah ia berusaha menjaga dari berbagai macam penyakit dan berobat secara medis.


Moh Afif Sholeh, M.Ag