Madrasah TBS Kudus: Sekolah Yang Menginspirasi Para Santri

Syahadat.id - Teringat masa belajar dulu, saat di Madrasah Tasywiqut Thullab Salafiyah (TBS) Kudus. Madrasah yang banyak menginspirasi masyarakat juga sebagai sumber gudangnya ulama-ulama hebat yang menyebar ke beberapa daerah di Nusantara.


Madrasah TBS Kudus termasuk salah satu madrasah tertua yang berada di Kota Kudus yang dikenal sebagai kota santri disebabkan banyaknya pesantren di daerah tersebut. Kota ini juga tersohor sebagai Kota Wali. Di sana ada dua makam wali yang termasuk bagian dari Walisongo yaitu Sunan Kudus dan Sunan Muria.


Madrasah TBS Kudus
Foto: Madrasah TBS Kudus

Madrasah TBS Kudus membawa banyak barokah dan manfaat kepada para santri khususnya kepada saya pribadi. Kenapa demikian?

Baca juga: 

Madrasah TBS Kudus memberikan banyak pengetahuan ilmu Agama dan umum. Uniknya di Madrasah ini semua guru-gurunya dipanggil dengan yi atau kyai


Semenjak duduk di bangku jenjang I'dadiyah (persiapan sebelum ke jenjang Tsanawiyah) saya merasakan betapa kurikulumnya sangat padat muatan ilmu agamanya yang diampu para kyai juga sebagai tokoh masyarakat di daerah masing-masing.


Ini yang menjadi faktor utama, saya dulu gandrung, memutuskan untuk melanjutkan ke madrasah tersebut. Berbekal semangat dalam mencari ilmu walau tiap hari harus naik sepeda sampai bertahun-tahun kini terasa berkah dan manfaatnya terutama saat di Ibukota.


TBS Kudus: Madrasah Kebanggaan Santri


Sebagai bagian dari alumni Madrasah TBS Kudus, ada keterpanggilan untuk selalu menjaga dan melaksanakan dawuh atau petuah para Kyai serta berusaha melanjutkan ide-ide moderasi dalam menyikapi permasalahan keagamaan.


Madrasah TBS Kudus
Madrasah TBS Kudus


Hal-hal yang patut dibanggakan para alumni  Madrasah TBS Kudus, diantaranya:


1. Selalu diayomi para Kyai yang santun dan bijaksana serta beraliran Ahlusunnah Waljama'ah.


2. Kurikulumnya sangat padat materi agama dan materi umumnya. Terbukti, dengan adanya mata pelajaran khusus seperti ilmu falak (astronomi), Ilmu Qira'at Sab'ah, Ulumul Hadis, Tasawuf serta materi penguatan Aswaja.


3. Memiliki sejarah panjang. Madrasah TBS Kudus berdiri tanggal 7 Jumadal Akhirah 1347 H (tahun Alif)   bertepatan dengan tanggal 21 Nopember 1928 M Madrasah TBS Kudus  memiliki jaringan yang luas. Banyak para alumninya yang menjadi Profesor di berbagai perguruan tinggi, ada yang menjadi ulama' besar.


Teruntuk kepada para Masyayih, dewan Asatid, maupun karyawan, semoga selalu diberkahi umur yang bermanfaat dan keberkahan ilmunya. Amin


Moh Afif Sholeh, Alumni Madrasah TBS Kudus