Melupakan Tuhan: Ujian Terberat Manusia

 

lupa tuhan
Melupakan Tuhan


Syahadat.id - Sadar atau tidak manusia sering kali melupakan Tuhan. Padahal Dia selalu ada di setiap aktivitas  sehari hari. Tuhan kita tidak pernah lupa terhadap langkah atau perbuatan yang dilakukan makhluk-Nya.


Semua hal yang ada di muka bumi maupun seluruh aktifitas  mahluk-nya adalah kehendak-Nya. Manusia mampu berkomunikasi dengan yang lain, hewan pun dapat berkeliaran dengan bebas.


Begitu pula tanaman bisa tumbuh dan berkembang. Disamping itu,  jin juga dapat beranak pinak. Ini menegaskan bahwa semua hal tersebut adalah kehendak Tuhan, Apa pantas manusia melupakan Tuhan-nya? 


Pada dasarnya, manusia seringkali lupa terhadap kebaikan dari Tuhan, baik yang menyenangkan dan tidak. Dirinya selalu ingin menjadi yang sempurna padahal Tuhanlah yang menjadikan sempurna.


Mintalah kepada Tuhan terlebih dahulu kemudian berusaha mendapatkannya. Tanpa izin dari-Nya niscaya tak akan mendapatkan hasil yang maksimal.


Seringkali manusia melupakan Tuhan yang Maha Sempurna, lantas apakah Tuhan murka kepada kita?


Baca juga: 


Tugas manusia  hanya berikhtiar dan berdoa. Kadangkala Tuhab menguji manusia dengan ketaatan maupun cobaan.


Saat Tuhan sudah tak memberikan cobaan kepada manusia maka  sesunggunya hal itu sebuah azab yang nyata. Memang manusia sering salah kaprah menyikapi  semua itu. Tak semua cobaan berdampak buruk kepada manusia namun banyak hikmah yang terkandung di dalamnya.


Sebetulnya cobaan yang paling berat adalah saat manusia lupa diri dan sudah tak ingat kepada Tuhannya.



Penulis: Reza Iman, Penikmat Kopi