Kenapa Doa Tak Kunjung Dikabulkan, Ini 7 Alasan yang Perlu Diketahui

doa
Foto: Doa tak dikabulkan



Syahadat.id - Seringkali kita mendengar orang yang mengeluh gara-gara doanya tak lekas dikabulkan oleh Allah bahkan ia mengatakan bahwa Allah tidak adil lantaran orang kaya tercukupi secara materi sedangkan dirinya dalam keadaan kekurangan materi. Sungguh perbuatan ini sangat disayangkan.


Pada hakikatnya, Allah akan mengabulkan doa yang dipanjatkan hambanya sesuai waktu yang sesuai, terbaik bagi dirinya karena Allah Maha mengetahui segala kebutuhan hambanya.


Abu al-Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghafilin menjelaskan bahwa ada tujuh hal yang menjadi penyebab doa tak dikabulkan oleh Allah.


Pertama, seorang hamba melakukan perbuatan yang dimurkai-Nya, bahkan ia tak menyesali perbuatannya. Hal ini menjadi penghalang utama tak dikabulkannya doa.


Foto: doa



Kedua, ia mengaku sebagai hamba Allah namun perilakunya tak mencerminkan sebagai seorang hamba.


Ketiga, Sering membaca Al-Qur'an, tetapi bacaannya tidak sesuai tajwidnya serta tidak merenungkan isinya apalagi sampai mengamalkannya.


Keempat, mengaku sebagai umat Nabi tetapi tak mau mengamalkan sunnahnya terutama sering mengkonsumsi makanan yang tidak halal atau yang belum jelas hukumnya.


Baca juga:



Kelima, meyakini bahwa dunia ini tak akan menyamai pahala disisi Allah tetapi ia malah merasa nyaman dengan urusan dunia.


Keenam, ia berpendapat bahwa dunia akan sirna tetapi ia malah gila akan gemerlapannya.


Ketujuh, meyakini akhirat lebih baik daripada dunia tetapi ia tak giat dalam mengejar pahala akhirat.


Itulah hal-hal yang menjadikan doa menjadi terhalang, tak dikabulkannya oleh Allah. Dan yang menjadi faktor penentu terkabulnya doa adalah konsumsi makanannya dari hal yang halal bukan yang haram.