Doa Awal dan Akhir Tahun Beserta Hikmahnya

 

Doa Awal dan Akhir Tahun Beserta Hikmahnya
Doa Awal dan Akhir Tahun Beserta Hikmahnya

SYAHADAT.ID - Allah menciptakan pergantian siang dan malam bertujuan agar manusia mengetahui peranan pentingnya penggunaan waktu secara maksimal maka setiap menjelang pergantian tahun hijriah banyak umat islam yang membaca doa awal dan akhir tahun.


Hikmah doa awal dan akhir tahun bila diteliti secara seksama mengajarkan kepada umat manusia supaya selalu berdoa mendekatkan diri kepada Tuhannya terutama amal perbuatan yang telah dilakukan supaya diterima oleh Allah serta mengampuni dosa-dosa yang telah dilakukan.


Disamping itu, doa awal dan akhir tahun sebagai benteng dari godaan setan yang selalu menggoda dan berusaha menyesatkan manusia dari jalan kebenaran sehingga orang yang ia goda menjadi teman abadi di neraka.


Dalam doa awal juga terdapat permintaan supaya selalu dilindungi dari pengaruh kejahatan bisikan nafsu amarah yang selalu mempengaruhi manusia supaya berbuat kejahatan.


Hikmah Doa Awal dan Akhir Tahun


Pada dasarnya, awal dan akhir tahun merupakan pergantian masa yang menjadi tolak ukur bertambahnya usia manusia. Untuk itu momen ini dijadikan titik balik untuk selalu memperbaiki diri dari tahun sebelumnya supaya kedepan bertambah baik dan berkah.


Dari sini dianjurkan untuk selalu membaca doa akhir tahun setelah shalat ashar terakhir pada akhir bulan Dzulhijjah serta membaca doa awal tahun setelah shalat magrib pada malam 1 Muharram.


Doa Akhir Tahun


Ini doa akhir tahun


اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ


Allahumma m ‘amiltu min ‘amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani ‘anhu wa lam atub minhu wa hamalta fîha ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘ala ‘uqubati wa da‘autani ilat taubati min ba‘di jara’atî ‘ala ma‘shiyatik. Fa inni astaghfiruka faghfirli wa ma ‘amiltu fîha mimma tardh wa wa‘attani ‘alaihits tsawaba fa’as’aluka an tataqabbala minni wa la taqtha‘ raja'i minka ya karim.


Artinya: 

"Ya Allah, Jika di tahun ini aku pernah melakukan sesuatu yang Engkau larang dan aku belum beraubat. Engkau memaklumi perbuatanku atas kemurahan-Mu padahal  Engkau mampu menyiksaku serta perbuatan yang Kau perintahkan untuk bertaubat sementara aku menerjangnya   dan aku telah mendurhakai-Mu. Ya Allah, aku berharap Engkau menerima perbuatanku yang Kau ridha'i pada tahun ini dan perbuatanku yang kau janjikan pahalanya. Janganlah Engkau hancurkan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah."


Doa Awal Tahun


Ini Doa awal tahun


اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ


Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa ‘ala fadhlikal ‘azhimi wa karimi judikal mu‘awwal. Hadza ‘amun jadidun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fihi minas syaithani wa auliya'ihi, wal ‘auna ‘ala hadzihin nafsil ammarati bis su’I, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa ya dzal jalali wal ikram



Artinya:

Ya Tuhan, Anda adalah yang abadi, yang kuno, yang pertama. Tahun baru ini bolehkah saya menerimanya. Aku mohon perlindungan di dalamnya dari setan dan sekutunya, dan bantuan dari jiwa yang memerintahkan kejahatan ini, dan keasyikan dengan apa yang membawa saya lebih dekat kepada Anda, wahai Pemilik Keagungan dan Kehormatan. Tuhan memberkati Nabi kita Muhammad dan keluarganya dan dia.


Oleh: Moh Afif Sholeh, M.Ag