Semarak Maulid Nabi Muhammad Di Masjid Arrahman, Villa Pamulang

 

Foto: Pengurus Dkm arrahman berfoto dengan penceramah
Foto: Pengurus Dkm arrahman berfoto dengan penceramah


Syahadat.id - (Depok, 30 Oktober 2021). Pengurus Masjid Arrahman Komplek perumahan Villa Pamulang menggelar acara maulid Nabi Muhammad secara meriah dan khidmat yang dihadiri masyarakat sekitar.


Acara ini digelar atas kerjasama pengurus yayasan Arrahman dan DKM masjid Arrahman serta pengurus warga serta masyarakat sekitar.


Mochammad Rusli selaku ketua yayasan Arrahman menyambut gembira dan sangat antusias bahkan ia menjelaskan:


"Kegiatan seperti harus digaungkan supaya terlihat syiarnya."


Baca juga:

Maulid Nabi: Sarana mengenal Nabi Muhammad lebih Dekat


Acara tersebut bertujuan supaya umat islam lebih mengenal sosok Nabi Muhammad sebagai panutan umat serta lebih mendekatkan kepada Allah melalui memperbanyak membaca sholawat kepada Nabi Muhammad.


Foto: Ketua Dkm arrahman memberikan sambutan



Dalam sambutannya, ketua DKM masjid Arrahman, bapak Bowo mengapresiasi kerja keras semua panitia dan orang yang membantu terlaksananya kegiatan mulia ini sebagai bentuk cinta kepada Nabi Muhammad.


Materi Maulid Nabi di Masjid Arrahman,Villa Pamulang


Dalam kegiatan maulid Nabi Muhammad ini, Ustadz Moh Afif Sholeh, M.Ag  sebagai pemateri menyampaikan beberapa poin penting seputar maulid atau kelahiran Nabi Muhammad, diantaranya:


Foto: Ust. Moh Afif Sholeh memberikan materi di depan jama'ah



Pertama. Maulid Nabi Muhammad harus dijadikan sarana mahabbah (cinta) kepada Nabi Muhammad. Karena dengan mahabbah kepada beliau seseorang akan mendapatkan kedudukan yang mulia di hadapan Allah dan Rasul-Nya.


Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad saat beliau ditanya seseorang tentang ka0an datangnya hari kiamat.


Ini penjelasan hadis selengkapnya:


ﻋﻦ ﺃﻧﺲ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﺃﻥ ﺭﺟﻼ ﺳﺄﻝ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻋﻦ اﻟﺴﺎﻋﺔ، ﻓﻘﺎﻝ: ﻣﺘﻰ اﻟﺴﺎﻋﺔ؟ ﻗﺎﻝ: «ﻭﻣﺎﺫا ﺃﻋﺪﺩﺕ ﻟﻬﺎ». ﻗﺎﻝ: ﻻ ﺷﻲء، ﺇﻻ ﺃﻧﻲ ﺃﺣﺐ اﻟﻠﻪ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻓﻘﺎﻝ: «ﺃﻧﺖ ﻣﻊ ﻣﻦ ﺃﺣﺒﺒﺖ». ﻗﺎﻝ ﺃﻧﺲ: ﻓﻤﺎ ﻓﺮﺣﻨﺎ ﺑﺸﻲء، ﻓﺮﺣﻨﺎ ﺑﻘﻮﻝ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: «ﺃﻧﺖ ﻣﻊ ﻣﻦ ﺃﺣﺒﺒﺖ» ﻗﺎﻝ ﺃﻧﺲ: «ﻓﺄﻧﺎ ﺃﺣﺐ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﺃﺑﺎ ﺑﻜﺮ، ﻭﻋﻤﺮ، ﻭﺃﺭﺟﻮ ﺃﻥ ﺃﻛﻮﻥ ﻣﻊﻫﻢ ﺑﺤﺒﻲ ﺇﻳﺎﻫﻢ، ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﺃﻋﻤﻞ ﺑﻤﺜﻞ ﺃﻋﻤﺎﻟﻬﻢ.»رواه البخاري


Artinya: diriwayatkan dari sahabat Anas radhiyallahu Anhu, bahwasannya seseorang bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tentang hari kiamat. Ia berkata: "kapan datangya hari kiamat?". lantas beliau bertanya kepada orang tersebut: apa yang telah kamu siapkan untuk menghadapinya?". Orang tersebut menjawab; "tidak ada kecuali aku mencintai Allah dan Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wasallam". Maka Nabi bersabda: "Kamu akan bersama orang yang kamu cintai". 


Anas berkata; "kami belum pernah merasa gembira seperti kegembiraan kami dengan sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berisi:"Kamu akan bersama orang yang kamu cintai". 


Selanjutnya Anas berkata; "aku mencintai Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, Abu Bakar, 'Umar dan aku berharap akan berkumpul bersama mereka disebabkan kecintaan (mahabbah)ku kepada mereka walaupun aku tidak memiliki amal seperti amal mereka".


Hadis ini mengisyaratkan bahwa kecintaan (mahabbah) kepada Nabi akan membawa keberuntungan di dunia dan akhirat serta akan dikumpulkan bersama Nabi Muhammad.


Kedua. Acara Maulid Nabi harus dijadikan bukti syukur seorang hamba kepada Tuhannya. Dengan jasa-jasa Nabi Muhammad, manusia mampu mengenal Tuhannya serta mengerti dan mampu memahami ajaran agama.


Pada prinsipnya orang yang bersyukur akan diberikan rasa makmur dalam dirinya serta akan diberikan keluarga yang akur dan keimanan akan semakin terukir.


Ketiga. Acara maulid harus dijadikan motivasi untuk meningkatkan dalam bersholawat kepada Nabi Muhammad sebagai kunci terkabulnya doa serta sebagai bukti kecintaan kepada Nabi Muhammad.


Ini beberapa poin yang disampaikan ustadz Moh Afif Sholeh dalam acara Maulid Nabi Muhammad di masjid Ar Rahman Villa Pamulang. (mas)