Benarkah Rezeki Terhalang Gara-gara Kesalahan yang Kita Lakukan?

 

Penghalang rezeki
Penghalang rezeki

Syahadat.id - Seringkali kita mendengar orang yang kerjaannya selalu mengeluh bahkan mempertanyakan keadilan tentang Tuhan:

"Kenapa Allah tidak adil ya?Kenapa orwng yang bukan ahli ibadah kok hidupnya enak, tercukupi materinya. Sedangkan kita sholat tiap hari, hidup kayak begini aja, makan serasa tidak ada menu yqng bervariasi."

Realita di atas merupakan gambaran di masyarakat bahwa kendala utama dan ujian hidup manusia terutama dalam menyangkut urusan ekonomi.

Baca juga: 

5 Keistimewaan Istighfar yang Jarang Diketahui

Berapa banyak ahli ibadah putus harapan disebabkan terlena dengan gemerlapan harta tetangga padahal bukan ahli ibadah bahkan tak mengenal agama.

Bagaimana cara memahami serta menyikapi fenomena di atas agar kita menjadi manusia yang beruntung di dunia dan akhirat?

Hadist tentang Penyebab Rezeki Terhalang

Imam Ibnu Majah meriwayatkan hadist tentang penyebab rezeki menjadi tidak lancar, tersendat, terhalang.

 ﻋﻦ ﺛﻮﺑﺎﻥ، ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: «ﻻ ﻳﺰﻳﺪ ﻓﻲ اﻟﻌﻤﺮ ﺇﻻ اﻟﺒﺮ، ﻭﻻ ﻳﺮﺩ اﻟﻘﺪﺭ ﺇﻻ اﻟﺪﻋﺎء، ﻭﺇﻥ اﻟﺮﺟﻞ ﻟﻴﺤﺮﻡ اﻟﺮﺯ ﺑﺨﻄﻴﺌﺔ ﻳﻌﻤﻠﻬﺎ» رواه ابن ماجه

Artinya: Diriwayatkan dari Sauban, ia berkata: Rasulullah Shallahu Alaihi wasallam bersabda: "tak ada yang menambah keberkahan umur kecuali kebaikan dan tak ada yang mampu menolak bala' kecuali doa. Sesungguhnya seseorang menjadi terhalang disebabkan kesalahan yang ia lakukan. (HR. Ibnu Majah).

Dalam riwayat lain menggunakan redaksi seperti ini

ﻭﺇﻥ اﻟﺮﺟﻞ ﻟﻴﺤﺮﻡ اﻟﺮﺯﻕ ﺑﺎﻟﺬﻧﺐ ﻳﺼﻴﺒﻪ» رواه ابن ماجه

Artinya: Sesungguhnya seseorang menjadi terhalang disebabkan dosa yang ia pernah lakukan. (HR. Ibnu Majah).


Penyebab Terhalang Rezeki

Syeh Zarnuji dalam kitab Ta'limul Mutaallim menjelaskan hal-hal yang menjadikan pengahalang rezeki diantaranya:

Perbanyak istighfar
Perbanyak istighfar


a. Sering melakukan dosa menjadi penyebab terhalangnya rezeki seperti penjelasan hadist di atas terutama kebiasaan berbohong.

b. Tidur setelah sholat shubuh.

c. Kebanyakan tidur menjadi faktor seseorang menjadi fakir.

d. Kurangnya ilmu pengetahuan ataupun kurangnya skill menjadikan seseorang menjadi orang yang tertinggal dalam urusan ekonomi dan lain sebagainya.


Baca juga: 

Istighfar Paling Baik, Ini Bunyi Bacaan dan Penjelasannya

Dari penjelasan ini dapat diambil kesimpulan bahwa penyebab rezeki menjadi terhalang disebabkan prilaku dan ulah yang kita lakukan sendiri.

Walau demikian, salah satu kunci pembuka pintu rizki adalah memperbanyak istighfar (meminta ampunan kepada Allah) serta berusaha dengan sungguh-sungguh.


Oleh: Moh Afif Sholeh, M.Ag