Inspirasi Idul Fitri di Mushola Ar Rahman Bukit Pamulang Indah 5

 

Inspirasi Idul Fitri di Mushola Ar Rahman Bukit Pamulang Indah 5
Inspirasi Idul Fitri di Mushola Ar Rahman Bukit Pamulang Indah 5


Syahadat.id - (Tangerang Selatan, 2 Mei 2022). Idul Fitri merupakan momen istimewa bagi umat islam setelah menjalankan ibadah puasa ramadhan selama sebulan penuh.


Gema takbir berkumandang di berbagai daerah bahkan sampai pelosok. Hal ini menambah syiar agama dan semarak dalam mensyukuri nikmat Allah 



Ustadz Moh Afif Sholeh, selaku khotib dan imam di Mushola Ar Rahman Komplek perumahan Bukit Pamulang Indah 5 jalan Akasia no 17 RT 003 RW 18 Pamulang Timur menjelaskan tentang beberapa hikmah idul fitri 1443 H.


Ia mengupas lebih jauh tentang kriteria orang bertakwa yang kelak mendapatkan ampunan Allah dan memperoleh surga.


baca juga: 

Lupa Membaca Takbir 7 kali Saat Shalat Idul Fitri, Apa perlu diulang?

Lebih lanjut, ia mengutip penjelasan dalam kitab Mafatihul Ghaib, Imam Ar-Razi menjelaskan kriteria orang yang bertakwa yang akan mendapatkan ampunan dari Allah, dan akan masuk surga-Nya, yaitu:

Pertama, Orang yang mau menginfakkan sebagian hartanya untuk orang yang membutuhkan atau kepentingan umum, dalam kondisi susah maupun mudah, terjepit maupun sedang berduit, dalam keadaan miskin atau sedang mempunyai mobil selusin.

Kedua, mampu meredam kemarahannya, terutama ketika menghadapi kegagalan dalam usaha, atau sedang mendapatkan ujian kehidupan.

Ketiga, orang yang mau memaafkan orang lain bila berbuat salah, tanpa diminta terlebih dahulu, karena ia sadar manusia tak ada yang sempurna, pasti mempunyai kesalahan, serta pelupa.

baca juga:

Doa yang Perlu Dibaca saat Idul Fitri

Keempat, saat berbuat salah, seseorang hendaknya segera beristighfar atas kesalahan dan bertaubat.

Ini sekelumit penjelasan sederhana dalam khutbah Idul Fitri di hadapan jamaah yang khidmat mengikuti shalat sampai selesai. (mas)