Mimpi Ziarah kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam

 

Mimpi Ziarah kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam

Syahadat.id - Setiap muslim berharap selalu dekat dengan Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam sebagai makhluk terbaik dan panutan umat manusia dalam berprilaku dan bermuamalah kepada sesama.


Salah satu cara agar seseorang dekat dengan Nabi adalah dengan memperbanyak membaca shalawat kepada beliau dimana pun ia berada juga kapanpun waktunya. Pada dasarnya shalawat merupakan sebagai bukti kecintaan terhadap Nabi Muhammad supaya selalu mendapatkan rahmat Allah kepada beliau.


Bila ada orang yang bermimpi ziarah kepada Nabi Muhammad berarti pertanda baik karena merupakan pertanda cinta kepada Nabi. Hal ini seperti penjelasan oleh Syeh Abdul Ghani An Nablusi dalam kitab Ta'thirul Anam yang berbunyi:


(ﺯﻳﺎﺭﺓ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻲ اﻟﻤﻨﺎﻡ ﻭﻏﻴﺮﻩ) ﻓﺰﻳﺎﺭﺗﻪ ﺩاﻟﺔ ﻋﻠﻰ اﻟﺘﺤﺒﺐ ﺇﻟﻰ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺑﺎﻷﻋﻤﺎﻝ اﻟﺼﺎﻟﺤﺔ ﻭﺗﺪﻝ ﻋﻠﻰ اﻷﻣﻦ ﻣﻦ اﻟﺨﻮﻑ ﻭاﻟﻘﺮﺏ ﻣﻦ اﻷﻛﺎﺑﺮ ﻭﻋﻠﻮ اﻟﺸﺄﻥ ﻭاﻟﺘﻮﺩﺩ ﺇﻟﻰ اﻟﻌﻠﻤﺎء ﻭاﻟﺴﺎﺩاﺕ ﻭﻣﻮاﻻﺓ ﺃﻫﻞ اﻟﺒﻴﺖ ﻭﺣﺐ ﻣﻦ ﻳﺤﺒﻬﻢ 


Mimpi Ziarah kepada Nabi Muhammad ataupun kepada Nabi yang lain sebagai tanda kecintaan kepada Allah melalui amal kebaikan. Begitu juga sebagai tanda selamat  dari ketakutan dan dekat dengan orang-orang mulia serta mendapat kedudukan mulia ditambah lagi sebagai kecintaan kepada Ulama dan pemimpin juga keapda keturunan Nabi  maupun orang yang mereka cintai.

Baca juga: 

Dari penjelasan ini dapat dipahami bahwa mimpi sedang  menziarahi orang baik seperti para Nabi sebagai pertanda dirinya cinta kepada Allah dan Rasulnya. 


Dengan demikian seseorang yang telah mampu menunaikan haji atau umrah untuk tidak menyia-nyiakan momen penting untuk ziarah ke makam Nabi Muhammad saat di Madinah dengan harapan kelak mendapatkan syafaat dari beliau serta tercatat sebagai umat yang taat kepada beliau.


Maka dari itu, seorang muslim harus berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan Sunnah maupun ajaran-ajarannya sebatas kemampuan dirinya supaya kelak di Surga bersama Nabi Muhammad yang menjadi dambaan setiap orang. (Mas)