NU Ranting Tugu Menghidupkan Tradisi Semaan Al Qur'an

 

NU Ranting Tugu Menghidupkan Tradisi Semaan Al Qur'an

Syahadat.idNU Ranting Tugu mengadakan dan berupaya menggalakkan acara Semaan Al Qur'an yang mulai terkikis dari sendi kehidupan masyarakat.

Semaan Al Qur'an berarti acara khataman Al Qur'an yang dilakukan beberapa orang, salah satunya ada yang membaca dan yang lain menyimak, mendengarkan serta mengoreksi bacaan bila terjadi kesalahan membaca.


Tradisi ini perlu dilestarikan sebagai wujud kecintaan umat Islam terhadap kitab suci Al Qur'an supaya dibaca, dikaji isinya sehingga menjadi inspirasi kehidupan serta Rahmat bagi seluruh alam.


Foto: Ketua NU Ranting Tugu sedang Membaca Al Qur'an



"Semaan Al Qur'an ini sangat bermanfaat bagi umat Islam dan bagi lingkungan sebagai wujud menghidupkan ruh Islam yang ramah, dan membawa nilai positif bagi warga sekitar masyarakat Tugu, Cimanggis, Depok," tutur Wahid Riyadin sebagai Ketua NU Ranting Tugu, Cimanggis.


Baca juga: Memaknai Musibah Pandemi Covid 19 dan Hikmah yang Perlu Dipetik


Acara ini sangat khidmat dan diikuti warga sekitar kelapa dua, kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok. Bukti antusias warga dibuktikan dengan banyaknya orang yang datang dan menyimak bacaan orang yang mendapatkan giliran membaca.


Tujuan acara ini disamping untuk menggalakkan masyarakat untuk cinta kepada Al Qur'an juga sebagai ajang silaturahmi masyarakat supaya tercipta lingkungan yang aman dan kondusif.