Spirit Maulid Nabi: Menjalin Ukhuwah, Menjaga Amaliyah

 

Spirit Maulid Nabi: Menjalin Ukhuwah, Menjaga Amaliyah

Syahadat.id - (Depok, 13 November 2020). Salah satu agenda penting organisasi Nahdhatul Ulama (NU) Ranting Tugu adalah mengadakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam. Dalam kegiatan tersebut, NU Ranting Tugu menggandeng dengan Majelis Musakimah kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok.


Rabiul Awal merupakan bulan bersejarah bagi umat Islam sebagai simbol kebangkitan dan spirit dalam membangun persaudaraan sesama manusia. Bulan mulia ini merupakan kelahiran Nabi akhir zaman, pembawa misi perdamaian dan menyebarkan agama kasih sayang.


Maulid Nabi sebagai sarana untuk lebih mengenal pribadi Nabi Muhammad sebagai seorang utusan Allah (Rasulullah) perlu selalu digaungkan agar generasi muda ataupun generasi penerus mampu mengenal misi terbesar Nabi Muhammad yaitu untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.


Wahid Riyadin, Ketua NU Ranting Tugu menuturkan:


"Kegiatan Maulid Nabi seperti ini harus selalu disemarakkan sebagai ajang silaturahmi dengan mengikuti prosedur protokol kesehatan. Disamping itu, kegiatan ini bertujuan untuk menyelami pribadi Nabi Muhammad yang begitu santun kepada sesama manusia terutama beliau mampu memanusiakan manusia maksudnya mampu menghargai, menghormati kodrat manusia sesuai kapasitas masing-masing," jelasnya saat diwawancarai pihak syahadat.id.


Kegiatan ini diawali dengan pembacaan Dzikrul Ghafilin yang dipimpin langsung oleh KH. Ahmad Bukhari atau lebih dikenal dengan panggilan Mbah Mad. Beliau berpesan:


Spirit Maulid Nabi: Menjalin Ukhuwah, Menjaga Amaliyah

"Momentum acara Dzikir seperti ini supaya dijadikan ajang untuk memperkuat tali silaturahmi dan sebagai sarana menjaga amaliyah yang harus diistiqamahkan,"


Acara ini juga dihadiri oleh ustadz Singgih Maulana atau lebih dikenal dengan Ki Kelana sebagai penceramah yang memberikan motivasi dan petuah kehidupan yang terinspirasi dari baginda Nabi Muhammad sebagai seorang yang mampu menyatukan perbedaan, penyejuk hati yang sedang gundah gulana serta selalu menginspirasi umat manusia.


Semoga acara Maulid Nabi Muhammad seperti ini memberikan keberkahan dan manfaat bagi umat Islam dan bangsa Indonesia. (Mas)