3 Hal Yang akan Mengikuti Mayyit, Tapi...

3 Hal Yang akan  Mengikuti Mayyit, Tapi...


Syahadat.id
- Tujuan Allah menciptakan hidup dan mati adalah agar Manusia berusaha menjadi pemenang, serta mengukir sejarah yang baik dalam sebuah kompetesi yang ada di dunia ini. Seperti dalam pepatah yang berbunyi: “Harimau mati meninggalkan belang, dan gajah mati meninggalkan gading.


Bila manusia meninggal, lantas apa yang akan dibawa?


Pertanyaan diatas terjawab oleh sebuah Hadis yang diriwayatkan

dari sahabat Anas, yang berbunyi:


ﻋﻦ ﺃﻧﺲ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻋﻦ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ: “ﻳﺘﺒﻊ اﻟﻤﻴﺖ ﺛﻼﺛﺔ: ﺃﻫﻠﻪ ﻭﻣﺎﻟﻪ ﻭﻋﻤﻠﻪ، ﻓﻴﺮﺟﻊ اﺛﻨﺎﻥ ﻭﻳﺒﻘﻰ ﻭاﺣﺪ: ﻳﺮﺟﻊ ﺃﻫﻠﻪ ﻭﻣﺎﻟﻪ، ﻭﻳﺒﻘﻰ ﻋﻤﻠﻪ” ﻣﺘﻔﻖ ﻋﻠﻴﻪ.


Artinya: Diriwayatkan dari Sahabat Anas, Nabi bersabda: ada 3 hal yang akan mengikuti Mayit, yaitu: keluarganya, harta, dan amalnya, yang dua hal akan meninggalkannya, sedangkan yang satu akan menemaninya.(HR. Bukhori Muslim).


Amal Kebaikan Teman Setia Di Kubur


Dalam kitab Bahjat An-Nadhirin Syarah Riyadus Sholihin, karya Salim bin Id Al Hilali menjelaskan bahwa Amalan yang selalu menemaninya di saat di kuburan adalah amal sholihnya, bukan harta maupun keluarganya.


Dari penjelasan diatas ternyata harta yang ia kumpulkan siang malam tak akan bisa membantunya, malah bisa menyusahkannya begitu juga keluarga yang ia sayangi akan meninggalkannya.


Baca juga:



Beruntung bila keluarganya ada yang mau mendoakannya, karena akan merasakan kenikmatan disana, sebaliknya bila keluarganya tak mendoakan, tak ingat kepadanya, dengan tidak menjalankan wasiatnya, maka akan menjadi penyesalan yang mendalam di alam kuburnya.


Mumpung masih ada kesempatan dan kesehatan, pergunakan sisa waktu ini dengan berbuat kebaikan kepada Allah, dan MakhlukNya, Supaya menjadi manusia yang yang sempurna amal perbuatannya.


Moh Afif Sholeh, M.Ag