Dzikir dan Manakib 'Sewelasan' di Kediaman KH. Ahmad Bukhari Depok

Syahadat.id - (Depok, 24 Januari 2021). Acara rutinan  'Sebelasan' di Kediaman KH. Ahmad Bukhari Depok sangat khidmat. Acara ini dalam istilah jawa dikenal 'sewelasan' yaitu pembacaan Manakib Syeh Abdul Qadir Al Jailani pada malam sebelas setiap bulan Qomariyah.


acara sebelasan/sewelasan
tradisi sebelasan/sewelasan

Istilah sebelasan atau sewelasan ini merujuk pada tanggal wafatnya Wali Qutub Syeh Abdul Qadir Al Jailani.


Untuk mengenang dan menghidupkan ajaran-ajaran Syeh Abdul Qadir Al Jailani sebagai Ulama dan Waliyullah, KH. Ahmad Bukhari Depok selaku penggerak serta pembimbing Dzikir Ghafilin  Jabodetabek selalu istiqamah melakukan rutin amalan Dzikir Ghafilin dan Pembacaan Manakib Syeh Abdul Qadir Al Jailani pada malam 11 setiap bulannya.


Syeh Abdul Qadir merupakan Ulama' besar pendiri Tarekat Qadiriyah. Nasab beliau sampai kepada Nabi Muhammad baik dari jalur Ayah maupun dari Ibu. Beliau dikenal sebagai ulama sufi yang nasehat-nasehatnya masih menginspirasi banyak orang sampai saat ini.

Kh. Ahmad Bukhari Depok
Foto: KH. Ahmad Bukhari Depok, Penggerak dan Pembina Dzikrul Ghafilin Jabodetabek


Pembacaan Manakib ini bertujuan untuk mengenang sekaligus belajar biografi seorang  yang dikenal akan keshalehannya terutama seorang waliyullah (menjadi kekasih Allah) juga sebagai tokoh panutan seperti Syeh Abdul Qadir Al Jailani.

Baca juga:

Disamping itu, Pembacaan Manakib akan mendatangkan banyak manfaat, diantaranya akan mendatangkan banyak rahmat yang diturunkan dari langit juga keberkahan tersendiri bagi orang yang mau membaca manakib (biografi) ataupun yang datang di majelis tersebut.


Hal ini sesuai penjelasan KH. Jauhari Umar dalam muqaddimah kitab Jawahirul Ma'ani yang menjelaskan tentang manaqib Syeh Abdul Qadir Al Jailani.


Semoga dengan acara dzikir rutinan pada malam sebelasan ini membawa banyak manfaat, umat islam diberikan sehat wal afiat serta  musibah  segera minggat sehingga hidup bertambah nikmat. (mas)