KH. Nawawi Kelapa Dua: Pentingnya Hadir di Majelis Ilmu


KH. Nawawi
Foto: KH. Nawawi bersama pengurus majelis Arrayyan

Syahadat.id - Setiap akhir bulan, tepatnya minggu terakhir Majelis Ta'lim Ar Rayyan, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok mengadakan dzikir bersama dan ditutup dengan petuah Agama setelah shalat shubuh berjamaah.


Penceramah rutin yang selalu mengisi acara tersebut yaitu KH. Nawawi Kelapa Dua, Depok. Beliau adalah tokoh ulama kharismatik yang sangat menyejukkan umat islam sekitar Depok. Disamping itu, beliau juga menjabat dijajaran Syuriyah NU Ranting Tugu.

kh. nawawi
Kh. Nawawi kelapa dua depok


Dalam ceramahnya yang bertema:" Pentingnya Menghadiri Majelis Ilmu. beliau mengutip ayat yang berbunyi 


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ



Artinya: Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al Mujadalah: 11).

Tonton Video selengkapnya:



KH. Nawawi mengupas tentang 2 golongan yang derajatnya diangkat oleh Allah di tempat yang mulia. Pertama, orang yang beriman (mukmin). Kedua, orang-orang yang berilmu. Maka dari itu, jangan bosan untuk menghadiri majelis ilmu.

Baca juga: 

"Kegiatan rutin seperti ini harus selalu digalakkan sehingga menambah kedekatan dengan Allah dan menambah wawasan keislaman sekitarnya," ungkap  Wahid Riyadin selaku Ketua Tanfidziyah NU Ranting Tugu saat ditemui redaktur Syahadat.id 


Salah satu pengurus Majelis Arrayyan, Ustadz Bashoir menjelaskan tentang pentingnya kegiatan doa bersama ini supaya  renovasi Majelis yang masih membutuhkan materi maupun biaya  diberikan kemudahan. 

Beliau juga berpesan:


"Bila ada warga sekitar maupun donatur yang hendak membantu, panitia siap menerima serta mengalokasikan sebaik-baiknya,"


Dengan adanya kegiatan positif seperti ini diharapakan masyarakat ikut berpartisipasi sehingga membawa manfaat bagi masyarakat sekitar. (Mas)