Khutbah Jum'at: Meninggalnya Ulama Musibah Besar

moh afif sholeh
Foto: Ust.Moh Afif Sholeh menyampaikan Khutbah Jum'at di Masjid Nurul Ilmi, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok

Syahadat.id - (Depok, 15 Januari 2021). Semenjak Public Endemi (Pandemi) Covid 19 mulai mewabah, banyak korban korban berjatuhan baik dari kalangan sipil maupun tokoh masyaraka begitu juga tokoh agama seperti para Kyai, Ustadz, Habaib.

Banyaknya korban dari berbagai kalangan menyadarkan berbagai pihak bahwa musibah ini sebagai tanda kekuasaan Allah Sang Pencipta juga pelajaran bagi umat manusia.

Ustadz Moh Afif Sholeh, M.Ag dalam kesempatan Khutbah Jum'at di Masjid Nurul Ilmi, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok menjelaskan tentang "Musibah terbesar Umat manusia: Meninggalnya Para Ulama."

Baca juga:


Dalam Khutabahnya ia menjelaskan:

"Banyak Ulama' yang meninggal Dunia seperti saat ini merupakan musibah, ujian terbesar bagi semua kalangan terutama umat islam. Kenapa demikian? Karena para ulama merupakan pewaris para Nabi dalam hal keilmuan, akhlak juga penuntun umat,"

Dalam khutbah tersebut ia menjelaskan solusi yang harus dipraktekkan oleh umat islam yaitu untuk selalu membaca. Pada dasarnya, ayat pertama turun kepada Nabi Muhammad yaitu anjuran untuk membaca baik yang tersurat seperti Al Qur'an, Hadist Nabi juga perintah membaca ayat yang tersirat yaitu membaca tanda keagungan Allah lewat alam semesta (ayat kauniyyah).

Tonton selengkapnya:




Dengan membaca, umat islam menjadi terbuka wawasannya lebih-lebih fenomena di masyarakat yang 'cepat panasan', saudaranya beli mobil merci dirinya tambah sakit gusi, tetangganya beli apartemen, pikiranya tambah sentimen.

Itulah sedikit materi khutbah yang menginspirasi kehidupan sehingga diharapkan masyarakat mampu menggunakan kesempatan untuk belajar kepada para alim ulama baik secara online maupun offline dengan sesuai menjaga protokol kesehatan supaya terhindar dari segala penyakit.