YPS Permatasari Memperingati HUT ke 45

hut.yps permatasari
Foto: HUT YPS. Permatasari


Syahadat.id - (Banten, 5 Februari 2021). Tepat 45 tahun lalu, Yayasan Permatasari merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 45. Yayasan ini berdiri sejak 5 Februari 1976 dan masih eksis dan semakin berkembang sampai saat ini.


materi webinar


Dalam memperingati HUT YPS Permatasri ke 45 diadakan acara seminar seputar pendidikan islam washatiyah.


Hj. Etty Mar'i Muhammad selaku Ketua Umum Yayasan Permatasari dalam sambutannya menghaturkan banyak terima kepada semua pihak baik kepada pengurus Yayasan  pusat maupun cabang,  Guru, Karyawan dan kepada orangtua murid maupun pihak yang telah membantu Yayasan Permatasari.


Hj. Etty Mar'i Muhammad
Foto: Hj. Etty Mar'i Muhammad selaku Ketua Umum


Hadir pula dalam acara tersebut Hj. Ida Nasution selaku pengurus Yayasan Permatasari mengutip petuah seorang ulama yang pernah aktif di MUI yaitu KH. Hasan Basri tentang anjuran dalam bidang yang akan digeluti yaitu pilih bidang pendidikan.


Kenapa demikian?


"Bila kamu menjadi seorang guru yang mengajarkan sesuatu kepada muridnya maka akan mendapatkan pahala. Disamping itu, bila muridnya meneruskan ilmu maka ia pun masih mendapat pahala walau Guru tersebut sudah meninggal dunia,"tuturnya.

Hj. Ida Nasution
Foto: Hj. Ida Nasution



Dalam kegiatan ini, hadir pula narasumber berkompeten dalam bidangnya yaitu Prof. DR.Drs. Firdaus Syam, M.A sebagai pemateri dalam seminar yang bertemakan "Pendidikan Islam Washatiyah sebagai Pendidikan Berkemajuan bagi Generasi Islam"


Dalam materinya, beliau menjelaskan bahwa pendidikan sangat penting bagi masyarakat karena dapat mengubah segala sesuatu juga akan mengangkat derajat khususnya bagi orang beriman dan berilmu yang mampu mengkombinasikan kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual.


Lebih lanjut, beliau menuturkan bahwa Pendidikan Islam Washatiyah harus mengikuti prinsip-prinsip dalam Al Qur'an, diantaranya:


Foto: Prof. Dr. Drs. Firdaus Syam, M.A
Foto: Prof. Dr. Drs. Firdaus Syam, M.A




Pertama. Berpedoman kepada prinsip Tauhid dengan memperkenalkan kepada para peserta didik akan pencipta serta penguasa semesta. 

Hal ini sebagai pedoman dan landasan dalam membangun pola pikir seorang muslim yang Ulul Albab yang selalu berdzikir serta berpikir filosofis.


materi webinar
foto: Materi Webinar


Kedua, Selalu bertafakkur, mengkaji dan membuat  riset dengan berbagai karya sehingga akan bertambah makna dan bermanfaat bagi sesama.

Semoga Hut YPS Permatasari yang ke 45 menambah manfaat dan keberkahan bagi Pengurus, Guru, Karyawan dan masyarakat sekitar.