3 Keistimewaan Orang Yang Berdoa, Ini Penjelasannya

3 Keistimewaan Berdoa

Syahadat.id - Kekuatan Umat Islam terletak pada usaha dan doa yang selalu dipanjatkan setiap saat. Hal ini bertujuan agar dirinya selalu terjaga dari berbagai fitnah maupun musibah yang menimpa.


Orang yang berdoa akan selalu dilindungi oleh Allah atas perbuatan yang sesuai dengan perintah al-Qur'an.


Allah akan memberikan keistimewaan bagi orang yang berdoa tidak hanya di dunia dan di akhirat.


Hadis yang menjelaskan Keistimewaan Berdoa


Hal ini seperti keterangan dalam hadits,


عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الخدري رضي الله عنه ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : ( مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ ، وَلَا قَطِيعَةُ رَحِمٍ ، إِلَّا أَعْطَاهُ اللهُ بِهَا إِحْدَى ثَلَاثٍ : إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ ، وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ ، وَإِمَّا أَنْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا . قَالُوا : إِذًا نُكْثِرُ . قَالَ : اللهُ أَكْثَرُ ) .


Diriwayatkan dari Abi Sa'id bahwasanya Nabi bersabda:"Tidaklah orang muslim yang berdoa kepada Allah yang tak ada niat untuk berbuat dosa maupun memutus tali silaturahmi maka Allah akan memberikan salah satu tiga hal ini. Pertama, Allah akan segera mengkabulkan doanya. Kedua, Allah akan memberikan permintaannya diakhirat. Ketiga, Allah akan menjaga dari segala kejahatan atau keburukan.


Baca juga:


Dari penjelasan ini dapat dipahami bahwa Orang yang berdoa akan diberikan keistimewaan oleh Allah selagi tak berdoa untuk keburukan atau kejahatan yang dilarang oleh Allah misalnya berdoa agar orang muslim lain hancur usahanya atau keluarganya atau agar kebaikan semakin merajalela.


Penyebab Doa Terhalang


Penyebab terhalangnya doa disebabkan niat yang kurang baik dan menyakiti orang lain membawa dampak besar terutama kerugian yang akan ia terima.


Begitu juga hadits ini memberi pelajaran kepada manusia agar selalu positif thinking kepada Allah saat doa tak segera terkabulkan karena Allah akan memberikan diakhirat kelak.


Pada dasarnya Allah lebih mengerti kebutuhan hambanya maka Ia akan memberikan yang terbaik kepadanya.


Seringkali orang putus asa ketika doa tak segera terkabul padahal Allah telah menyiapkan yang terbaik untuknya, maka dari itu orang yang berdoa harus yakin dan menghadirkan hati dengan khusyuk dan rendah diri dihadapan-Nya.


Oleh: Moh Afif Sholeh, M.Ag