Doa Nabi Yusuf Agar Terhindar dari Fitnah Wanita

 

Doa terhindar fitnah wanita
Doa terhindar fitnah wanita

Syahadat.id - Salah satu tujuan para rasul dikirim oleh Allah kepada umatnya adalah untuk menciptakan keadilan di masyarakat sekitarnya.

Untuk mencapai cita-cita mulia ini, kadang para Rasul harus menerima cacian, bully-an, bahkan fitnah maupun intimidasi yang selalu mereka terima.

Namun berkat tekad dan doa yang selalu dipanjatkan menjadikan misi mereka bisa diterima secara perlahan.

Keistimewaan Nabi Yusuf

Nabi Yusuf merupakan salah satu utusan Allah yang diberikan keistimewaan berupa ketampanan wajah yang tak ada tandingannya.

Berapa banyak orang yang terkesima saat memandang wajahnya. Bahkan istri pembesar Mesir yang bernama Zulaikha terpukau kegantengannya.

Hal inilah yang menjadikan Nabi Yusuf dipenjara karena fitnah yang ia terima.

Bahkan dalam doanya ia mengatakan bahwa penjara lebih baik daripada terkena fitnah wanita.

Doa Nabi Yusuf

Ini sesuai ayat yang berbunyi

قَالَ رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُن مِّنَ الْجَاهِلِينَ (33

Yusuf berkata: “Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh”. (QS. Yusuf: 33).

Baca juga:


Menurut imam Al Baghawi dalam tafsirnya menjelaskan bahwa ayat tersebut merupakan doa khusus yang dipanjatkan Nabi Yusuf saat menghadapi Zulaikha.

Seumpama Nabi Yusuf meminta supaya tak dijebloskan ke dalam penjara niscaya ia akan selamat.

Dari sini, Seorang mukmin hendaknya meminta keselamatan dalam segala hal serta dijauhkan dari fitnah yang berkaitan dengan wanita.

Hal ini seperti yang dialami oleh Nabi Yusuf juga dijauhkan dari kebodohan yang akan menyesatkan langkah manusia.

Oleh: Moh Afif Sholeh, M.Ag