Fungsi Dzikir: Mampu Menolak Bala', Ini Penjelasannya

 

Fungsi dzikir sebagai tolak bala
Fungsi dzikir sebagai tolak bala


SYAHADAT.ID - Segala aktifitas baik ucapan atau perbuatan yang ditujukan untuk mengingat kepada Allah termasuk kategori dzikir. Hal ini menjadi penting dikarenakan untuk menjaga hubungan yang harmonis antara Makhluk dengan sang Khalik atau Penciptanya. 


Aktivitas ini ternyata membawa dampak yang besar, diantaranya Allah selalu menyayanginya dengan selalu memberikan Rahmat dan petunjuk dalam menjalani aktifitas kesehariannya serta akan dijauhkan dari segala macam bala' atau sesuatu yang berbahaya bagi dirinya maupun keluarganya.


Dalam Fatawa al-Hadisiyyah karya Ibnu Hajar, ada sebuah pertanyaan  yang berbunyi: 


Apakah Dzikir mampu untuk menolak bala' seperti hanya sedekah?


Beliau menjawab: iya, dzikir mampu Menolak bala'.


Hal ini berdasarkan Banyak Hadits yang menjelaskan hal itu, seperti yang tertuang dalam kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi, diantaranya:


Pertama, Keistimewaan Istighfar


Orang yang memperbanyak istighfar akan dimudahkan urusannya dan dijauhkan dari segala kesusahan, seperti Hadist dibawah ini,


ﻋﻦ اﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ -ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ- ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ -ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: "من لزم اﻻﺳﺘﻐﻔﺎﺭ ﺟﻌﻞ اﻟﻠﻪ ﻟﻪ ﻣﻦ ﻛﻞ ﺿﻴﻖ ﻣﺨﺮﺟﺎ، ﻭﻣﻦ ﻛﻞ ﻫﻢ ﻓﺮﺟﺎ، ﻭﺭﺯﻗﻪ ﻣﻦ ﺣﻴﺚ ﻻ ﻳﺤﺘﺴﺐ. رواه أبو داود و ابن ماجه


Artinya:

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, ia berkata: Rasullullah bersabda: Barangsiapa membiasakan membaca istighfar, maka Allah akan memberikan solusi atas segala kesulitan yang ia hadapi, dan Allah meringankan segala kesusahan yang ia alami, serta memberikan Rizki yang datangnya tak disangka. (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah.


Baca juga:


Kedua, Bacaan Lahaula wala quwwata illa billah


Orang yang memperbanyak membaca  

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Akan dijauhkan dari segala yang membahayakan, seperti Hadist ini,


عن ابن عباس رضي الله عنهما أنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : أَكْثِرُوا مِنْ قَوْلِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ؛ فَإِنَّهَا مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ... فَإِنَّهَا تَدْفَعُ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ بَابًا مِنَ الضُّرِّ، أَدْنَاهَا الْهَمَّ وَالْفَقْرَ. أخرجه  الطبراني وابن عساكر


Artinya:

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, ia berkata: Rasulullah bersabda: Perbanyak membaca 

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

karena itu termasuk gudangnya surga, Juga mampu menolak dari 99 jenis marabahaya, dan yang paling rendah adalah kesusahan serta kefakiran. Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Thabrani dan Ibnu Asakir.


Keterangan diatas merupakan sebagian penjelasan tentang keutamaan berdzikir yang bertujuan untuk menolak bala', dan segala marabahaya.


Oleh: Moh Afif Sholeh, M.Ag