Imam Al Ghazali: 2 Kunci Supaya Disayang Allah

2 kunci dicintai Allah


SYAHADAT.ID - Kenikmatan dunia akan terasa hampa bila kita tercukupi secara materi namun kekosongan akan Ruhani. Ibarat  raga tapi ada  nyawanya.


Sebaliknya orang yang penuh secara rohani namun kekosongan akan materi ibarat ada nyawa namun tak bernyawa


Kebutuhan akan dua hal tadi baik materi maupun rohani harus saling tercukupi dan saling melengkapi, tak bisa dipisahkan satu dan yang lainnya.


Setelah tercukupi keduanya, bagaimana caranya agar manusia selalu disayangi oleh sang Pencipta?


Imam Al-Ghazali dalam kitab Jawahir al-Qur'an menjelaskan bahwa ada dua cara agar manusia  dicintai, disayangi oleh Rabbnya:


Pertama: Ikuti Perintah Allah


Berusaha semaksimal mungkin untuk mentaati-Nya dengan menjalankan perintah-perintah-Nya seperti shalat, zakat, puasa, haji. 


Serta mendayagunakan anggota badan dan hati untuk selalu mengingatnya-Nya, karena ada pepatah yang mengatakan: barangsiapa yang mencintai seseorang maka ia akan banyak menyebutnya, atau mengingatnya. 


Bila kita mengaku cinta kepada Allah maka akan selalu banyak mengingat-Nya sesuai dengan yang telah diajarkan Rasul-Nya.


Kedua, Jangan Ikuti Hawa Nafsu


Menjauhkan diri untuk tidak mengikuti hawa nafsu maupun bisikan syaitan yang hendak menyesatkan manusia, dan melalaikan akan tugas kewajibannya sebagai seorang hamba. 


Baca juga:

Selagi manusia mampu menahan nafsunya ia akan mendapat keberuntungan dimanapun ia berada, karena banyak orang yang hancur dikarenakan lisan maupun perilakunya yang tak terkontrol. 


Kunci Menghadapai Masalah


Kunci menghadapinya tidak lain adalah menggunakan daya akal sehat untuk mencerna segala permasalahan yang ada serta disesuaikan dengan peraturan yang telah digariskan-Nya.


Ketika dua hal diatas dilakukan manusia ia akan selalu dilindungi, disayangi oleh Allah dan akan mendapatkan keberuntungan di dunia hingga di akhirat.


Oleh: Moh Afif Sholeh, M.Ag