Makna Mimpi Emas Menurut Islam

 

Makna Mimpi Emas Menurut Islam
Makna Mimpi Emas Menurut Islam


Syahadat.id - Pada prinsipnya, mimpi ada yang benar juga yang kurang bisa dipertanggung jawabkan sehingga perlu sikap yang cermat dalam menyikapinya. Saat salah dalam menafsirkan mimpi  maka akan menjadi beban batin yang selalu menyelimuti dirinya.

Untuk itu, perlu pemahaman yang cukup dalam memaknai mimpi terutama yang berkaitan dengan emas dan lainnya.

Bila ada orang yang bermimpi tentang emas, sebetulnya maknanya apa sih?

Arti mimpi emas

Untuk mendapatkan penjelasan arti mimpi tentang emas, Syeh Abu Bakar Al Ihsa’i dalam kitab Jami’ At Tafsir Al Ahlam menjelaskan bahwa

من  رأى أَنه أصَاب ذَهَبا فَإِنَّهُ يُصِيبهُ هم وَأمر يكرههُ أَو يذهب مَاله بِقدر مَا رأى أَنه أصَاب من الذَّهَب وَالْعدَد الْمَعْرُوف خير من الْعدَد الْمَجْهُول

Orang yang bermimpi dirinya mendapatkan emas maka maknanya ia akan mendapatkan kesusasahan, masalah yang ia tak menyukainya atau harta bendanya hilang sebatas emas yang ia dapatkan dalam mimpi tersebut. Hitungan yang jelas lebih baik dari pada hitungan yang kurang jelas.

Tafsir Mimpi Emas menurut Syeh Abdul Ghani An Nablusi

Dalam kitab Ta’thirul Anam, Syeh Abdul Ghani An Nablusi menjelaskan tentang mimpi seputar emas

- (ومن رأى) أنه أعطى قطعة ذهب كبيرة فإنه ينال سلطاناً ورياسة فإن رأى أنه سبك ذهباً نال شراً وهلاكاً ومن رأى أن بيته من ذهب أصابه حريق.

 

Barangsiapa yang bermimpi diberikan emas yang banyak maka ia akan menjadi penguasa atau mendapatklan kedudukan yang mulia.

baca juga:

Apa Arti Mimpi tentang Hamil?Ini Penjelasannya

 

Lebih lanjut ia menjelaskan

 

وإن رأى أنه وجد ذهباً مكسراً أو دنانير صحاحاً فإنه يرى وجه الملك ويرجع منه سالماً

 

Barangsiapa yang bermimpi menemukan pecahan emas atau beberapa dinar maka ia akan melihat seorang raja atau penguasa dan kembali dalam keadaan selamat.

 

Oleh: Moh Afif Sholeh, M.Ag