Adab yang Baik dengan Tetangga, Ini Caranya

 

Adab yang Baik dengan Tetangga
Adab yang Baik dengan Tetangga

Syahadat.id - Manusia tak akan mampu hidup sendiri. Ia pasti membutuhkan bantuan orang lain, terutama tetangga sekitar rumah kita. Islam mengatur tentang tata cara beretika atau adab dengan tetangga.

ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ، ﻋﻦ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ: ﻣﺎ ﺯاﻝ ﻳﻮﺻﻴﻨﻲ ﺟﺒﺮﻳﻞ بالجار، ﺣﺘﻰ ﻇﻨﻨﺖ ﺃﻧﻪ ﺳﻴﻮﺭﺛﻪ. رواه البخاري
Artinya: diriwayatkan , dari Nabi SAW bersabda: Jibril selalu berwasiat kepadaku tentang urusan tetangga, sampai aku kira mereka akan mewarisi. (HR.Al- Bukhari).

4 Adab dan Hikmah Bertetangga

Hal ini seperti yang dipaparkan oleh Abu Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghafilin. Beliau menjelaskan bahwa etika dengan tetangga akan menjadi sempurna bila empat hal ini dipraktikkan dalam kehidupan, yaitu: Pertama, mau membantu tetangga bila ia membutuhkan bantuan kita sehingga tercermin keharmonisan antar keduanya.

Baca juga:


Kedua, tak tergiur dengan harta yang mereka miliki, ia tak berharap akan pemberiannya. Sikap ini sangat terpuji karena ia tak silau dengan kelebihan yang mereka miliki serta sebagai bukti ia mampu mencukupi keluarganya sendiri.

Ketiga, Mampu meredam kemarahan mereka dengan sikap yang baik sehingga tak merugikan tetangga yang lain.

Keempat, bersabar atas perlakuan yang kurang baik dari prilaku mereka, tak perlu membalasnya. lebih baik yang waraslah  yang mengalah karena hidupnya malah semakin terarah.

Oleh: Moh Afif Sholeh, M.Ag