Tafsir Mimpi Dikejar Orang Gila

 

Tafsir mimpi dikejar orang gila
Tafsir mimpi dikejar orang gila



Syahadat.id - Salah satu syarat ibadah bisa diterima oleh Allah adalah orang yang melakukannya harus berakal.  Ibadah orang gila tidak sah karena tak memenuhi persyaratan.


Hal ini menegaskan bahwa nikmat berupa akal sehat merupakan anugerah yang harus disyukuri oleh setiap manusia. Sayangnya banyak orang tak memahami nikmat tersebut.


Ketika akal seseorang sudah tak berfungsi maka akan menimbulkan banyak masalah dalam dirinya sehingga orang tersebut bisa dijuluki menjadi orang gila.


Tafsir mimpi seputar gila


Syeh Abdul Ghani An Nablusi dalam kitab Ta'thirul Anam fi Ta'biril Manam mengupas makna tafsir mimpi yang berkaitan dengan gila.


Baca juga:

Tafsir Mimpi Suami Menikah Lagi


Ini penjelasan selengkapnya:


ﺟﻨﻮﻥ) ﻓﻲ اﻟﻤﻨﺎﻡ ﻏﻨﻰ ﻭﻋﺰ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻋﺎﺭﺽ ﻭﻫﻮ ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﺇﻗﺒﺎﻝ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭاﻷﻓﺮاﺡ ﻭاﻟﻤﺴﺮاﺕ ﺑﻤﻦ ﻳﺮﺟﻮ اﻟﺼﻠﺔ ﺑﻪ 


Artinya: 

(Gila) dalam mimpi maknanya adalah kekayaan dan kemuliaan, bahkan jika itu tidak penyebab sebelumnya maka itu menunjukkan mudahnya urusan dunia dan kegembiraan dan kesenangan bagi mereka yang berharap selalu terhubung dengan dirinya. 



Sedangkan menurut Syeh Sihabuddin Annablusi dalam kitab Qawaid Tafsir Ahlam menjelaskan



ﻭﺃﻣﺎ اﻝﺟﻨﻮﻥ: ﻓﺪاﻝ ﻋﻠﻰ اﻟﻨﻜﺪ، ﻣﻦ ﺃﻗﻮاﻡ ﻛﻔﺎﺭ، ﺃﻭ ﻓﺴﺎﻕ. ﻗﺎﻝ اﻟﻤﺼﻨﻒ: ﺩﻝ اﻝﺟﻨﻮﻥ ﻋﻠﻰ اﻟﻨﻜﺪ ﻣﻦ ﻗﻮﻡ ﻛﻔﺎﺭ ﻟﻜﻮﻧﻬﻢ ﻣﺴﺘﻮﺭﻳﻦ؛ ﻭاﻟﻜﻔﺮ ﻓﻲ اﻟﻠﻐﺔ ﻫﻮ اﻟﺴﺘﺮ، ﺃﻭ ﻣﻦ ﻷﻥ اﻟﻐﺎﻟﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﺠﻦ اﻟﺬﻳﻦ ﻳﺆﺫﻭﻥ اﻟﻔﺴﻖ.



Artinya: Adapun mimpi gila menunjukkan ketidakpuasan dari orang-orang kafir, atau maksiat. Pengarang mengatakan bahwa makna mimpi gila menunjukkan ketidakpuasan orang-orang kafir karena mereka disembunyikan. Dan kekafiran secara bahasa artinya menyembunyikan, atau secara umum atas ulah jin yang menebar kemaksiatan.



Mimpi dikejar orang gila


Syeh Abu Bakar Al Ihsa'i dalam kitab Jami' Tafsir Al Ahlam memaparkan makna orang yang mimpi dikejar orang gila.


Baca juga:

Apa Arti Mimpi tentang Hamil?Ini Penjelasannya

Ini penjelasan selengkapnya:



ﻣﻦ ﺭﺃﻯ ﺃﻥ ﻣﺠﻨﻮﻥا ﺳﺤﺒﻪ ﻭﻫﻮ ﺧﺎﺋﻒ ﻣﻨﻪ ﻭﻟﻢ ﻳﺼﻞ ﺇﻟﻴﻪ ﺿﺮ ﻓﻬﻮ ﻋﺪﻭ ﻭﻳﻜﻮﻥ اﻟﺮاﺋﻲ ﻓﻲ ﺃﻣﺎﻥ ﻣﻨﻪ



Artinya: Barangsiapa melihat orang gila menyeret atau mengejarnya, sedangkan dia takut padanya, dan tidak ada bahaya yang menimpanya, maka dia adalah musuh, dan orang yang bermimpi aman darinya.


Dari penjelasan ini dapat dipahami bahwa orang yang bermimpi dikejar orang gila tak akan membawa dampak negatif pada dirinya serta akan terhindar dari marabahaya. (mas)