Pesantren Kilat: Membentuk Manusia Pintar dan Benar

 

Ust. Hisbulloh Huda  pesantren kilat
Ust. Hisbulloh Huda menyampaikan matrei pesantren kilat di SMA Islam Cikal Harapan 1 BSD

Syahadat.id - Banten (20 April 2022). Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang menginspirasi umat islam untuk selalu menambah kebaikan, wawasan, ilmu, serta komunikasi yang baik dengan sekitarnya.

 

Dalam menyambut bulan suci tersebut, SMA Islam Cikal Harapan 1 BSD mengadakan kegiatan Pesantren kilat selama 3 hari dengan tema membentuk manusia yang pintar dan benar.

 

Ahmad Maulana, S.Pd selaku kepala sekolah menyambut acara ini dengan gembira dan berharap acara ini menambah wawasan keagamaan sehingga para peserta mampu menerapkan dalam kehidupan.

 

Pada prinsipnya, manusia yang mulia adalah yang memiliki kecerdasan spiritual, intelektual dan benar dalam berperilaku dengan sesama manusia sehingga tercipta keharmonisan dan ketentraman yang merata.

 

Peranan Pesantren dalam Masyarakat

 

Hadir dalam acara tersebut, ustadz Hisbullah Huda, M.Ag selaku pemateri pada acara hari pertama menyampaikan beberapa hal penting di antaranya membahas tentang sekelumit dunia pesantren, mulai dari kegiatan, tokoh Kyai, Santri, maupun konsep yang diterapkan di dalamnya.

 

Pesantren memberikan kontribusi besar bagi kemerdekaan negara Indonesia melalui fisik maupun spiritual terutama melalui pendidikan karakter dan kemandirian di masyarakat. 

Baca juga: 

Doa Nyeleneh Tsabit bin Aslam Al Banani 

Dalam kesempatan tersebut, ustadz Hisbullah Huda, M.Ag salah satu pengasuh pesantren Tapak Sunan, Condet menjelaskan:

 

“Pertempuran 10 November di Surabaya merupakan sebagian jasa besar perjuangan orang-orang pesantren,”tuturnya.

 

Dengan adanya acara seperti ini diharapkan agar generasi muda bertambah ilmu pengetahuan terutama ilmu agama sehingga menjadi pribadi yang pintar dan perilakunya sesuai ajaran. (mas)