Ini Amalan Baik Saat Malam Idul Fitri

 

Ini Amalan Baik Saat Malam Idul Fitri
Ini Amalan Baik Saat Malam Idul Fitri

Syahadat.id - Di akhir-akhir Ramadhan, umat Islam akan menyambut datangnya bulan Syawal dengan mempersiapkan segala hal.


Namun yang perlu diutamakan adalah kemampuan kita dalam memetik pelajaran penting selama bulan Ramadhan, seperti ibadah puasa mengajarkan akan kesabaran dalam menghadapi berbagai hal juga melatih kejujuran manusia khususnya terhadap dirinya sendiri.


Sayang, bila selama Ramadhan seseorang tak mampu mengambil i'tibar atau pelajaran berharga darinya. Puasa juga mengajarkan kita akan kesalehan sosial dengan membantu sesama terutama saat pandemi Covid 19 yang masih menggejala  saat ini.


baca juga:

Doa yang Perlu Dibaca saat Idul Fitri


Di penghujung Ramadhan ini seseorang dianjurkan untuk memanfaatkan momen malam idul Fitri dengan berbagai amalan kebaikan seperti memperbanyak membaca takbir maupun dzikir yang lain seperti tasbih, tahmid.


Amalan yang Baik Dilakukan Saat Malam Idul Fitri



Imam Nawawi dalam kitab Al Adzkar menjelaskan amalan yang baik dilakukan saat malam idul Fitri. Ini penjelasan selengkapnya


اﻋﻠﻢ ﺃﻧﻪ ﻳﺴﺘﺤﺐ ﺇﺣﻴﺎء ﻟﻴﻠﺘﻲ اﻝﻋﻴﺪﻳﻦ ﻓﻲ ﺫﻛﺮ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ، ﻭاﻟﺼﻼﺓ، ﻭﻏﻴﺮﻫﻤﺎ ﻣﻦ اﻟﻄﺎﻋﺎﺕ،


Ketahuilah bahwasanya disunnahkan pada malam idul Fitri maupun idul Adha untuk memperbanyak berdzikir kepada Allah, Shalat dan juga berbuat ketaatan yang lainnya.


Hal ini berdasarkan hadis yang berbunyi:


عن أَبِي أُمَامَةَ عَنْ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم : ( مَنْ أَحْيَا لَيْلَتَيْ الْعِيدِ لَمْ يَمُتْ قَلْبُهُ يَوْمَ تَمُوتُ الْقُلُوبُ ) وَفِي رِوَايَةِ الشَّافِعِيِّ وَابْنِ مَاجَهْ : ( مَنْ قَامَ لَيْلَتَيْ الْعِيدَيْنِ مُحْتَسِبًا لِلَّهِ تَعَالَى لَمْ يَمُتْ قَلْبُهُ حِينَ تَمُوتُ الْقُلُوبُ ) رَوَاهُ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ مَوْقُوفًا 


Artinya: Diriwayatkan dari Abi Umamah, diriwayatkan dari Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam: "Barangsiapa menghidupkan malam idul Fitri dan idul Adha maka hatinya tak akan mati saat semua hati manusia menjadi mati. Dalam riwayat dari Imam As-Syafi'i dan Imam Ibnu Majah: Barangsiapa beribadah pada malam idul Fitri dan idul Adha dengan ikhlas karena Allah maka hatinya tak akan mati saat semua hati manusia menjadi mati. Hadis ini diriwayatkan dari Abi Darda' dan termasuk hadis Mauquf.


Penjelasan Hadist


Imam Nawawi dalam kitab Al Adzkar menjelaskan bahwa walaupun hadis yang menjelaskan tentang Keutamaan amalan pada malam idul Fitri maupun idul Adha termasuk hadis Dhaif namun bila terkait fadhailul Amal (Keutamaan amal) maka hal itu diperbolehkan.


Keistimewaan ini bisa didapatkan karena berkah waktu-waktu tertentu yang diistimewakan oleh Allah terutama orang yang mau berdoa di waktu tersebut doanya akan segera terkabulkan. 


baca juga:

Ternyata Puasa Mampu Membentuk Manusia Berkualitas Tinggi

Dari sini, umat Islam harus menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dengan memperbanyak membaca takbir, dzikir juga memperbanyak doa agar ibadah selama Ramadhan diterima oleh Allah.


Moh Afif Sholeh, M.Ag