Kitab Kama Qala Al Hukama' Karya Ulama Perempuan Asal Sunda

 

Kitab Kama Qala Al Hukama' Karya Ulama Perempuan Asal Sunda
Foto: Cover Kitab Kama Qala Al Hukama' Karya Ulama Perempuan Asal Sunda

Syahadat.id - Salah satu ulama perempuan asal daerah Sunda yaitu Al Marhumah Ustadzah Hajjah Ipung Latifah.


Beliau termasuk ulama perempuan kharismatik yang konsen dalam bidang pendidikan melalui pesantren Tarbiyatul Falah As Syarifah, Jonggol, Jawa Barat.


Sewaktu Al Marhumah masih hidup aktif berdakwah, mengajarkan ilmu agama ke daerah sekitar Jonggol.


Foto: Penulis dengan Ustadz Michael 


Di samping berdakwah, beliau juga menyempatkan untuk menulis karya-karya untuk kemaslahatan santri maupun masyarakat sekitar.


baca juga:

Kitab Syaraful Lathaifiyah dan Pesantren Tarbiyatul Falah, Jonggol


Ini terlihat dari karya beliau yang berjudul kitab Kama Qala Al Hukama' yang berisi kutipan-kutipan makalah ulama kemudian diberikan penjelasan (Syarah) dengan bahasa Sunda serta dilengkapi beberapa dalil dari Al Qur'an mupun hadist.


Karya-karya beliau yang masih berupa makhtutat (catatan tangan) dikumpulkan menantu beliau yang bernama Ustadz Ahmad Michael Hafidz bin Abdussalam bin Arab bin Lisung bin Abbas.


Ustadz Michael merupakan alumni Universitas Al Azhar sebagai kampus tertua di dunia. Berkat kesabaran dan ketekunannya mengumpulkan karya-karya mertua beliau sehingga bisa dibaca khalayak umum terlebih santri-santrinya.


Kitab ini berisi kumpulan 46 makalah ulama' yang diberikan komentar menggunakan bahasa Sunda sehingga mudah dipahami santri dan masyarakat Sunda.


Uniknya kitab ini sebagai sarana mempermudah santri dan masyarakat umum dalam memahami kehidupan dengan petuah inspiratif dari para ulama terdahulu.


baca juga:

Tadzkiratul Qulub karya Syekh Jamil Jaho


Dalam kitab ini juga dilengkapi dalil serta sumber utama pengambilan makalah ulama sehingga pembaca menjadi kaya referensi kitab-kitab aslinya.


Contoh makalah dalam kitab Kama Qala Al Hukama'


Di antara makalah ulama dalam kitab Kama Qala Al Hukama'



تَعَلَّمْ فَلَيْسَ المَرْءُ يُوْلَدُ عَالِمًا # وَلَيْسَ أَخُوْ عِلْمٍ كَمَنْ هُوَ جَاهِلُ



Anjen kudu daek belajar karena tara aya anu dilahirkan ka alim dunia ku anungna ges buga pangerti ugi jalem anu buga ilmu hintu saruwa jeng jelem bodo karena anu pinter mah selilana iya kasenengan bisa kahuntal segala barang anu pakahyang ku peribadinya. Ari nu bodoh mah hirapna selalina iya dina ripoh ngrasa jungjat dina segala rupana.


Kitab Kama Qala Al Hukama' Karya Ulama Perempuan Asal Sunda
Kitab Kama Qala Al Hukama' Karya Ulama Perempuan Asal Sunda

Belajarlah karena tidak ada orang yang terlahir dalam keadaan berilmu (pintar)

serta orang yang berilmu tak sama dengan orang bodoh.


Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih detail, pembaca diharapkan meneliti lebih lanjut sehingga memahami isi secara keseluruhan sehingga mendapatkan petuah-petuah kehidupan yang menginspirasi dunia.


Oleh: Moh Afif Sholeh, M.Ag