5 Nasehat Imam Syafi'i Supaya Menjadi Mulia

5 Nasehat Imam Syafi'i Supaya Menjadi Mulia
5 Nasehat Imam Syafi'i Supaya Menjadi Mulia


Syahadat.id - Setiap manusia selalu mendambakan kehidupan yang nyaman, tercukupi materi serta berharap akhirat tak rugi.


Untuk mewujudkan keinginan tersebut, ia harus semaksimal mungkin dalam beramal kebaikan serta menyiapkan bekal untuk masa depan.


Sayangnya, fenomena saat ini banyak manusia ingin mulia tapi tak mau melakukan apa pun. Ia hanya berharap tanpa aktivitas yang bermanfaat bagi diri dan keluarganya.


baca juga:

Hadis tentang 5 Fitrah Manusia


Nasehat Imam Syafi'i


Imam Nawawi dalam kitab Bustanul Arifin mengutip nasehat Syafi'i pernah memberikan nasehat yang inspiratif agar menjadi manusia yang mulia dan akhirat yaitu:


ﻭﻗﺎﻝ ﺃﻣﺎﻣﻨﺎ ﺃﺑﻮ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺇﺩﺭﻳﺲ اﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺣﻤﻪ اﻟﻠﻪ ﺧﻴﺮ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭاﻵﺧﺮﺓ ﻓﻲ ﺧﻤﺲ ﺧﺼﺎﻝ ﻏﻨﻰ اﻟﻨﻔﺲ ﻭﻛﻒ اﻷﺫﻯ ﻭﻛﺴﺐ اﻟﺤﻼﻝ ﻭﻟﺒﺎﺱ اﻟﺘﻘﻮﻯ ﻭاﻟﺜﻘﺔ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﺣﺎﻝ


Kebaikan dunia dan akhirat dalam 5 hal: Pertama, merasa cukup. Kedua, mencegah hal yang terlarang. Ketiga, mencari hal yang dihalalkan. Keempat, selalu bertaqwa. Kelima, percaya kepada Allah dalam segala kondisi.


Penjelasan Nasehat Imam Syafi'i


Kemulian seseorang saat di dunia terlihat dari cara dirinya menyikapi segala sesuatu terutama tak bergantung kepada orang lain baik dalam urusan ekonomi maupun urusan lain.


Lebih-lebih dalam urusan akhirat, orang yang mulia selalu berusaha menyiapkan bekal hari esoknya dengan menunaikan segala kewajiban sebatas kemampuan dirinya.


baca juga:

3 Benteng Kuat Bagi Seorang Mukmin


Di samping itu, dalam bermuamalah harus mengedepankan akhlak yang baik kepada sesama terutama dalam bergaul, bekerja dalam mencari rizki yang halal sehingga dalam beribadah kepada Allah menjadi diterima.


Keyakinan kepada Allah menjadi modal seseorang akan menjadi baik, mulia di depan manusia serta selamat di akhir hayatnya. (Mas)