Maulid Nabi: Sarana Memperkuat Silaturahmi

 

Foto: Salah satu penceramah Maulid Nabi di Musolla Al Jamiah, Kelapa Dua, Depok
Foto: Salah satu penceramah Maulid Nabi di Musolla Al Jamiah, Kelapa Dua, Depok


Syahadat.id - (Depok, 06/11/2022). Majelis Ta'lim Al Jami'ah menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad dengan meriah. Hal ini terbukti antusias masyarakat sangat besar mengikuti acara ini sampai akhir.


Kegiatan ini di awali acara khataman Al Qur'an setelah Shalat Shubuh lalu dilanjutkan acara puncak yaitu pembacaan maulid Nabi di Musolla Al Jami'ah.


Banyak tokoh agama dan masyarakat yang hadir dalam acara ini di antaranya KH. Nawawi, KH. Agus Salim selaku ketua MUI kelurahan Tugu, Hj. Khoironih selaku ketua Majelis Ta'lim, Bapak Wahid Riyadin, Ketua NU Ranting Tugu, juga ketua RW. 10 serta beberapa Ketua RT di lingkungan Kelapa Dua, Depok.


H. Noto Yuhartono selaku ketua panitia menyampaikan banyak terima kasih kepada semua panitia yang telah mensukseskan acara Maulid Nabi dengan khidmat.


baca juga:

Maulid Nabi: Sarana mengenal Nabi Muhammad lebih Dekat


Hal senada juga dipaparkan bapak Sihono selaku ketua DKM Al Jami'ah. Ia mengatakan:


"Acara seperti ini perlu selalu digalakkan sebagai sarana silaturahmi antar warga sekitar," ungkapnya di depan jama'ah.


Ceramah Maulid Nabi Muhammad


Dalam acara Maulid Nabi Muhammad belum lengkap tanpa ada ceramah agama yang diisi oleh Ust. Moh Afif Sholeh dan Ustadzah Hj. Dra. Latifah.


Pemateri pertama menjelaskan pentingnya masyarakat mengadakan acara Maulid Nabi sebagai sarana menambah mahabbah (cinta) kepada Nabi Muhammad juga sebagai sarana mengenal lebih dekat akhlak beliau dalam kehidupan.


Lebih lanjut, ia menjelaskan:


"Maulid Nabi merupakan sarana pemersatu berbagai kalangan, rakyat maupun pejabat, orang kaya ataupun yang kurang  biaya, orang pintar ataupun yang kurang belajar."


baca juga:

Spirit Maulid Nabi: Menjalin Ukhuwah, Menjaga Amaliyah


Hal senada juga diungkapkan oleh pembicara kedua yaitu Ustadzah Latifah tentang makna cinta kepada Nabi Muhammad.


Foto: Ustadzah Latifah dan Ibu-ibu Majelis Ta'lim Al Jami'ah
Foto: Ustadzah Latifah dan Ibu-ibu Majelis Ta'lim Al Jami'ah



"Walau kita belum pernah bertemu Nabi tapi kecintaan kepada Nabi begitu tinggi sehingga membawa dampak positif dalam kehidupan seseorang."


Semoga acara ini membawa manfaat dan keberkahan terutama kepada anak keturunan kita selaku generasi penerus yang mampu meneladani akhlak Nabi Muhammad. (Mas)