Hadist Tentang Perintah Menyayangi kepada Sesama Manusia

Hadist Tentang Perintah Menyayangi kepada Sesama Manusia
Hadist Tentang Perintah Menyayangi kepada Sesama Manusia

Syahadat.id - Dunia ini akan terasa tenteram saat manusia berdamai tak ada lagi permusuhan apalagi peperangan. Namun untuk mewujudkannya dirasa sangat sulit.


Contoh kecil di masyarakat, saat terjadi kecelakaan seharusnya segera dibantu tanpa menanyakan agama atau keyakinan terlebih dahulu.


Kadangkala perbedaan menjadikan seseorang menjadi keras hati bahkan kurang terima dengan keadaan. 


baca juga:


Padahal Allah menciptakan perbedaan supaya saling melengkapi dan saling menghargai satu dengan yang lain.


Hadist Tentang perintah menyayangi kepada sesama manusia


Banyak hadis yang berisi tentang perintah untuk saling menyayangi sesama makhluk terutama kepada manusia, di antaranya hadis yang diriwayatkan oleh imam Abu Nuaim


Agama mengajarkan baik kepada sesama
Agama mengajarkan baik kepada sesama


 


خَابَ عَبْدٌ وَخَسِرَ لَمْ يَجْعَلِ اللهُ فِي قَلْبِهِ رَحْمَةً لِلْبَشَرِ


Artinya:“Seorang hamba akan merasakan kerugian  dan tidak beruntung saat Allah tidak menjadikan di dalam hatinya sifat kasih sayang kepada sesama manusia."


Penjelasan Hadist Tentang perintah menyayangi kepada sesama manusia



Imam Al Munawi dalam kitab Faidhul Qadir menjelaskan bahwa hadis ini menjelaskan bahwa seorang hamba akan merugi saat dirinya tak memiliki kasih sayang kepada sesama manusia.


baca juga:


Hal ini membuktikan orang yang memiliki hati keras, susah menerima kebenaran apalagi memiliki jiwa marhamah atau kasih sayang kepada sesama maka ia akan merasakan kerugian yang besar.


Di antaranya ia akan dijauhi semua orang karena sikapnya bahkan yang lebih mengerikan ia akan didoakan dengan doa yang kurang baik. Sungguh ini kerugian yang besar bagi dirinya. 


Sayangnya ia akan tersadar saat orang lain tak menyayangi bahkan memperlakukan kurang baik kepada dirinya maupun kepada keluarganya.


Oleh: Moh Afif Sholeh, M.Ag