Bau mulut saat Puasa, Ini Tinjauan dalam Islam

 

Bau mulut saat Puasa, Ini Tinjauan dalam Islam
Bau mulut saat Puasa, Ini Tinjauan dalam Islam


Syahadat.id - Puasa mengajarkan banyak dimensi kehidupan terutama terkait kesehatan mental atau rohani juga jasmani manusia.


Saat berpuasa, seseorang seringkali mengeluarkan bau mulut yang tak sedap sehingga menimbulkan masalah tersendiri terutama saat bergaul dengan orang lain.


Lantas, bagaimana islam memberikan solusi masalah bau mulut saat puasa ramadhan?



Hadits bau mulut saat puasa


Islam mengajarkan kepada umatnya akan kebersihan mulut supaya dirinya nyaman saat beribadah maupun bersosialisasi dengan orang lain.


baca juga:

4 Keistimewaan Bersiwak menurut Imam Al Ghazali


Imam Bukhari dalam kitab  Shahihnya meriwayatkan hadis Nabi Muhammad berkaitan bau mulut saat puasa yaitu


 وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوْفُ فَمِّ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ تَعَالَى مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ 


Artinya, “Demi Zat yang berkuasa atas nyawa ku, sungguh bau mulut orang puasa itu lebih wangi menurut Allah daripada bau misik.” (HR. Bukhari).


Imam Al Munawi dalam kitab Faidhul Qadir menjelaskan bahwa bau mulut disebabkan puasa lebih utama dari bau minyak wangi. 


Bahkan Imam Al Munawi mengutip pendapat Imam Ibnu Jama'ah yang menyatakan bahwa bau mulut orang puasa lebih utama daripada darah orang mati syahid yang membela agama Allah.


Alasannya adalah puasa merupakan amalan yang mencerminkan keikhlasan antara orang yang berpuasa dengan Allah sehingga hal ini dianggap lebih mulia dan utama.


Penyebab bau mulut saat puasa


Banyak faktor yang menjadi penyebab bau mulut saat seseorang sedang berpuasa diantaranya disebabkan kurangnya produksi air liur karena tak ada asupan cairan ke dalam rongga mulut.


Baca juga:

5 Sunnah Para Nabi Terdahulu yang perlu Dicermati


Padahal air liur bermanfaat sebagai pelindung dan pembersih secara alami serta menghadang berkembangnya bakteri di sekitar mulut.


Di samping itu, masalah kesehatan gigi juga berpengaruh besar menambah bau mulut seseorang. Begitu juga asam lambung menjadi faktor yang tak boleh disepelekan agar bau mulut tak semakin meningkat.


Cara agar menghilangkan bau mulut saat puasa


Solusi bau mulut memang menjadi kendala bagi orang yang berpuasa. Di bawah ini ada beberapa cara agar bau mulut berkurang terutama saat puasa.


Pertama. Sikat gigi. Islam sangat menganjurkan kepada pemeluknya supaya sering melakukan sikat gigi supaya bersih dan terhindar bau mulut.


Kedua. Bersihkan lidah supaya terhindar dari berbagai macam bakteri yang menempel di sekitar lidah dan rongga gigi.


Hal-hal di atas sebagai salah satu solusi untuk mengurangi bau mulut saat berpuasa.


Oleh: Moh Afif Sholeh, M.Ag