Don't Judge's People Look

Don't Judge's People Look


Syahadat.id - Sesuai dengan judulnya, gua akan membahas tentang judge. Gua udah 20 tahun hidup di dunia ini dan yaa.. banyak hal yang sudah gua lewati dan banyak juga gua bertemu sama orang. All of people in the world have a characteristic yang berbeda-beda. Of course. Bahkan orang kembar pun punya sifat yang beda.


Gue punya temen, anggap aja namanya Ipul. Gua ga pernah deket sama dia di sekolah, gua ngobrol ya seperlunya aja. Gua banyak denger kabar tentang dia begini begitu dan yaaa.. gua percaya percaya aja sama orang yang ngomongin. Why? because, I don't know about his self. Gua cuma tau dia dari apa yang gua denger bukan dari yang gua rasa. 


Setelah berjalannya waktu, ada beberapa event yang buat gua harus banyak berinteraksi sama dia. Awalnya, like a new friend, kita cuma ngobrol kalau memang ada yang harus di omongin. Selebihnya? hmm.


Tapi karena seringnya kita ketemu, yang awalnya cuma ngomongin tentang event doang jadi ngomongin masalah pribadi seperti masalah percintaan or something like that. Selain itu juga, kita jadi sering hangout bareng tapi ga cuma berdua, sama yang lainnya juga. 


Baca juga:


Dan karena semua yang sudah kita lewati itu gua pribadi jadi tau tentang dia. Walaupun ga banyak. Tapi yang pasti, dia gak kaya yang diomongin orang-orang atau bahkan gak seperti yang gua bayangkan sebelum-sebelumnya. Gua pribadi sedikit merasa bersalah karena punya pikiran yang ga baik tentang dia.


Gua yang awalnya berpikir kalau dia kaya yang suka diomongin orang-orang jadi tau kalau dia ternyata jauh lebih baik dari yang biasa di perbincangkan. 


Dia anak yang baik, dia suka bantu orang tuanya, dan yang lebih bikin gua gapercaya HAHA dia sangat amat beda antara di luar dan di rumah. That's true.


Setidaknya, gua jadi percaya sama kata-kata "tak kenal maka tak sayang" dan mulai hari itu gua ga akan nilai orang dari luarnya dari penampilannya, atau dari kata orang-orang.


Kita juga gaboleh judge dia sebelum tau tentang faktanya. Bahkan, setelah kita tau pun kita tetep ga boleh judge orang. Karena kita belum tentu lebih baik dari orang yang kita judge.


Penulis: Indira Sukma Wardhani, Mahasiswi Universitas Negeri Malang (UNM)