Ketua NU Ranting Tugu: Tradisi Baik Perlu Dilestarikan

 

Ketua Ranting Tugu:Tradisi Baik Perlu Dilestarikan

Syahadat.id - (Depok, 12 November 2020). NU Ranting Tugu bekerja sama dengan Majelis Musakimah mengadakan kegiatan rutin sema'an Al Qur'an (kegiatan khataman Al Qur'an, ada yang membaca dan yang lain menyimak bacaannya).


Tradisi baik ini seharusnya perlu dilestarikan di masyarakat sebagai ajang belajar dan menghidupkan Sunnah Nabi Muhammad tentang ibadah yang utama yaitu membaca Al Qur'an. Lebih-lebih dilakukan secara berjama'ah.


Sebelum Acara Semaan Al Qur'an, kegiatannya diawali ziarah ke makam leluhur sekaligus sesepuh kelapa Dua yaitu Haji Musa bin H. Salim yang diabadikan sebagai nama sebuah  jalan di kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis Depok.


Foto: Wahid Riyadin, Ketua NU ranting Tugu


"Sema'an Al Qur'an dan Ziarah kubur merupakan kegiatan positif yang perlu digaungkan lagi supaya masyarakat semakin mengerti bacaan Al Quran lebih-lebih mengerti isinya. Begitu pula, tradisi ziarah kubur perlu dilakukan supaya lebih mengenal  kehidupan menuju akhirat," tutur Wahid Riyadin selaku Ketua NU Ranting Tugu.


Baca juga:


Kegiatan ini sebagai respon atas kegelisahan sebagian  masyarakat terhadap menurunnya semangat untuk mengaji, tadarus Al Qur'an seperti pada bulan Ramadhan.



Foto: Hj. Kimah istri Al Marhum H. Musa dan anak-anaknya


Haji Sarifudin, selaku Shohibul Majelis mengatakan bahwa:


"Kegiatan Sema'an Al Qur'an seperti ini perlu selalu didengungkan di tengah masyarakat supaya tercipta masyarakat yang tentram dan selalu mendapatkan perlindungan Allah,"tuturnya di sela acara.


Semoga kegiatan ini semakin mengokohkan hubungan persaudaraan sesama muslim sehingga tercipta kedamaian, kesejukan terutama saat pandemi seperti ini. (Mas)