Mengenalkan Anak Situs Sejarah dan Wisata di Dieng Jawa Tengah

 

Mengenalkan Anak Situs Sejarah dan Wisata di Dieng Jawa Tengah


Syahadat.id - (Dieng, 27 November 2020). Salah satu pembelajaran penting bagi anak-anak adalah melalui studi wisata yang fun dan menarik terutama dengan mengunjungi situs-situs sejarah di Nusantara seperti di daerah dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. 


Disana banyak tempat wisata alam seperti Telaga Warna, Gunung Prau, Kawah Sikidang, Batu Pandang Ratapan Angin, Petak 9 Dieng juga banyak Candi diantaranya candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Sembrada dan lainnya.


Dieng Plateau Theater



Pemandangan alam di daerah ini sangat menawan hati apalagi bila dilihat dari dataran yang lebih tinggi  maka suasana Dieng sangat memberikan inspirasi dan ketenangan jiwa.


Namun perlu diingat, cuaca di sana sangat ekstrim, kabut turun setiap saat maka perlu persiapan perbekalannya mulai jaket dan konsumsi makanan yang cukup.


Baca juga:




Disamping itu, Dieng juga memiliki wisata religi yaitu makam Syekh Ngabdullah Selomanik yang makamnya menjadi terkenal setelah Al Marhum Mantan Presiden, KH. Abdurrahman Wahid atau lebih dikenal panggilan Gusdur menziarahi tempat tersebut.


makam Syekh Ngabdullah Selomanik



Wisata seperti ini sangat bagus dan perlu dilestarikan terutama agar anak-anak sadar akan potensi yang dimiliki bangsa kita dengan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang lebih maju dan berkembang agar tak tertinggal dengan bangsa yang lain.


Kunci kesuksesan generasi masa depan tergantung seberapa besar mereka menghargai sejarah bangsanya sendiri serta mampu merespon perkembangan zaman.


Moh Afif Sholeh, M.Ag