Ini Kriteria Doa yang Paling Utama

Ini Kriteria Doa yang Paling Utama
 Ini Kriteria Doa yang Paling Utama

Syahadat.id - Berdoa termasuk anjuran agama bahkan termasuk kategori ibadah. Hal ini sebagai bentuk pengakuan  kepada sang pencipta bahwa dirinya tak mampu melakukan apapun tanpa pertolongan dari-Nya. 


Orang yang tak  mau berdoa bisa dipastikan terjangkit penyakit hati yaitu sifat sombong yang tak pantas bagi dirinya.


baca juga:

Adab Berdoa sesuai Sunnah Rasul (1)


Manusia yang beruntung yaitu orang yang mendapatkan ampunan Tuhan juga diberikan kesehatan sehingga ia bisa beraktivitas dan beribadah tanpa ada halangan apapun.


Hadis tentang Doa yang paling Utama



Dalam sebuah hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi sebagai berikut:


عن أنس رضي الله عنه أن رجلا جاء إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقال يا رسول الله أي الدعاء أفضل قال سل ربك العافية والمعافاة في الدنيا والآخرة ثم أتاه في اليوم الثاني فقال يا رسول الله أي الدعاء أفضل فقال له مثل ذلك ثم أتاه في اليوم الثالث فقال له مثل ذلك قال فإذا أعطيت العافية في الدنيا وأعطيتها في الآخرة فقد أفلحت

رواه الترمذي


Artinya: Diriwayatkan dari Anas Radhiyallahu Anhu bahwasanya seorang lelaki mendatangi Nabi lantas berkata:"Wahai Rasulullah, doa yang paling utama itu apa? kemudian Nabi bersabda:"Mintalah kepada Tuhanmu agar diberikan kesehatan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Kemudian pada  hari kedua, orang tadi datang lagi dan bertanya:"Wahai Rasulullah, doa yang paling utama itu apa?Nabi menjawab seperti penjelasan sebelumnya. Pada hari ketiga, orang tadi bertanya lagi dan Nabi menjawab seperti sebelumnya. Lantas Nabi melanjutkan sabdanya: "Jika engkau diberikan kesehatan di dunia dan akhirat maka kamu akan beruntung. (HR. Turmudzi).


Dari penjelasan ini, nikmat sehat jasmani dan rohani serta selamat dari berbagai musibah dan marabahaya merupakan nikmat yang harus disyukuri dan digunakan sebaik-baiknya. 


Baca juga:

Kriteria Hari, Bulan, Amal yang Paling Baik


Maka dari itu, penting kiranya seorang mukmin memperbanyak doa tersebut agar diberikan kesehatan dan keselamatan dimanapun ia berada.


Oleh: Moh Afif Sholeh, M.Ag