Hikmah Diciptakan Bintang (Tafsir Surat al Hijr Ayat 16-18)

 

Hikmah Diciptakan Bintang (Tafsir Surat al Hijr Ayat 16-18)
Hikmah Diciptakan Bintang (Tafsir Surat al Hijr Ayat 16-18)

Syahadat.id - Allah menciptakan alam semesta ini dengan sempurna serta memberikan hikmah  untuk kepentingan manusia.


Di antara ciptaannya adalah bintang-bintang berkilauan di angkasa saat malam hari yang terlihat indah bagi yang memandangnya.


Sejenak saat kita melihat ke angkasa akan terpukau keagungan ciptaan Tuhan yang teratur, serasi satu dan lainnya.


Tinggal tugas manusia harus mampu mengambil hikmahnya agar bisa diterapkan dalam kehidupan sehingga lebih dekat dengan pencipta.


Surah al Hijr 16-18 dan Artinya



وَلَقَدْ جَعَلْنَا فِي السَّمَاءِ بُرُوجًا وَزَيَّنَّاهَا لِلنَّاظِرِينَ (١٦) وَحَفِظْنَاهَا مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ رَجِيمٍ (١٧) إِلا مَنِ اسْتَرَقَ السَّمْعَ فَأَتْبَعَهُ شِهَابٌ مُبِينٌ (١٨


Artinya: 

"Dan sungguh, Kami telah menciptakan gugusan bintang di langit dan menjadikannya terasa indah bagi orang yang memandang(nya) (16) dan Kami menjaganya dari setiap (gangguan) setan yang terkutuk (17) kecuali (setan) yang mencuri-curi (berita) yang dapat didengar (dari malaikat) lalu dikejar oleh semburan api yang terang.(18)"


Tafsir Surat al Hijr Ayat 16-18


Imam Arrazi dalam tafsirnya yang berjudul Mafatihul Ghaib menjelaskan bahwa Allah menanggapi orang-orang yang mengingkari kenabian. 


Padahal masalah kenabian merupakan bagian bahasan dari tauhid, lantas Allah memberikan dalil atau petunjuk untuk menguatkan masalah ini.


Di antara petunjuk untuk memperkuat tauhid yaitu dengan berpikir keagungan Allah yang ada di langit maupun di bumi.


baca juga:

Memaknai Musibah Pandemi Covid 19 dan Hikmah yang Perlu Dipetik


Ayat di atas memberikan gambaran tentang dalil kebesaran Tuhan yang ada di langit seperti bintang-bintang berkilauan pada malam hari.



Penjelasan Imam Suyuti terkait Gugusan Bintang


Imam Suyuti dalam Tafsir Jalalain menjelaskan bahwa Allah menciptakan gugusan bintang-bintang sebanyak dua belas, yaitu: Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces. 


Lebih lanjut, Imam Sayuti memaparkan bahwa bintang-bintang tersebut merupakan garis-garis peredaran dari tujuh bintang yang beredar.


Mars memiliki garis edar pada bintang Aries dan bintang Scorpio. Sedangkan Venus mempunyai garis edar pada bintang Taurus dan bintang Libra.


Adapun Utarid beredar pada garis edar pada bintang Gemini dan bintang Virgo. Sedangkan bulan mempunyai garis edar pada bintang Cancer.


baca juga:

Tafsir Surat Ar-Rum Ayat 22: Hikmah Perbedaan Bahasa dan Warna Kulit


Adapun matahari mempunyai garis edar pada bintang Leo. Lalu Jupiter mempunyai garis edar pada bintang Sagitarius dan Pisces. Saturnus memiliki garis edar pada bintang Capricorn dan Aquarius.



Hikmah Diciptakan Bintang menurut Al Quran


Imam Al Fairuzzabadi dalam tafsir Tanwirul Miqbas mengutarakan pendapat Ibnu Abbas yang menjelaskan hikmah diciptakan bintang adalah:


Pertama, Allah menciptakan bintang sebagai penunjuk arah pada malam hari saat tersesat di daratan maupun di laut.


Kedua. Allah menjadikan bintang sebagai hiasan langit sehingga saat mata memandang menjadi takjub.


Ketiga. Bintang diciptakan sebagai pelempar setan yang hendak mencuri berita yang didapatkan dari malaikat.


Dari pemaparan di atas, dapat dipahami bahwa keindahan bintang di langit merupakan bukti kebesaran penciptanya dan tugas manusia perlu menggali hikmah yang ada di dalamnya sehingga menambah bermakna.


Oleh: Moh Afif Sholeh, M.Ag