Khutbah Idul Adha Inspiratif di Masjid Nurul Iman, Kp. Areman, Depok

 

Khutbah Idul Adha Inspiratif di Masjid Nurul Iman, Kp. Areman
Foto: Khutbah Idul Adha Inspiratif oleh Ust. Moh Afif Sholeh di Masjid Nurul Iman, Kp. Arema, Depok

Syahadat.id - (Depok, 10 Juli 2022). Momentum Idul Adha merupakan hari yang spesial bagi umat islam terkait ibadah haji sebagai rukun islam yang kelima dan disyariatkan kurban.


Umat islam dianjurkan melaksanakan sholat Idul Adha sebagai syiar agama dan ajang silaturahmi dengan sesama.


baca juga:

Apa Sih Manfaat Kurban Bagi Kita?


Walau demikian, sholat idul adha sebagai cermin kehidupan dalam beragama terutama sebagai ajang evaluasi diri dan menghayati tentang hikmah berkurban.


Khutbah Di Masjid Nurul Iman Kp. Areman Depok


Ustadz Moh Afif Sholeh selaku khotib dan Imam Sholat Idul Adha mengutarakan hikmah kehidupan yang terkait syariat kurban di Masjid Nurul Iman, Kp. Areman, kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok.


Dalam khutbahnya, ia mengupas sejarah penting disyariatkan kurban dari kisah putera Nabi Adam yaitu Qabil dan Habil serta kisah Nabi Ibrahim ketika hendak mengorbankan puteranya Nabi Ismail.


baca juga:

Esensi Kurban: Mendekatkan pada Tuhan (Tafsir Surat Al Hajj 37)


"Umat islam perlu belajar kehidupan dari para Nabi supaya kehidupannya lebih bermakna."


2 Esensi Kurban


Lebih lanjut, ia menjelaskan esensi dari kurban di hadapan jamaah Masjid Nurul Iman dari 2 aspek kehidupan.


Pertama, dari segi sejarah. Kurban sebagai momen penting bagi umat islam untuk selalu belajar kepada Nabi Ibrahim yang ikhlas mengorbankan putranya sebagai bukti kecintaan kepada Allah Dzat pencipta.


Anak merupakan anugerah terindah bagi pasangan suami dan istri. Namun dalam kisah ini, Nabi Ibrahim diuji keimanannya kepada Allah serta ketaatan puteranya Nabi Ismail yang mendukung perintah Tuhannya.


Sejarah kebaikan seseorang terutama para Nabi perlu dijadikan panutan dalam bertindak maupun petuah kehidupan.


Kedua, dari segi Sosial. Kurban mengajarkan banyak dimensi kehidupan terutama ranah sosial seperti saling memberi daging kurban sebagai bentuk kepedulian sesama manusia terutama dengan orang yang membutuhkan.


Inspirasi Penting Idul Adha


Dari sini peranan Islam mengajarkan kepada umatnya untuk selalu baik kepada Allah (hablumminallah) dan juga baik kepada manusia (hablumminannas) sehingga ajaran agama menjadi sempurna.


baca juga:

Kisah Qabil dan Habil serta Hikmah yang Berkaitan Kurban


Urusan sosial tak kalah pentingnya dengan urusan ibadah yang berkaitan dengan Allah bahkan bisa dijadikan sarana lebih dekat dengan Allah. (Mas)