Manfaat Doa Murid untuk seorang Guru

Manfaat Doa Murid untuk seorang Guru
Manfaat Doa Murid untuk seorang Guru

Syahadat.id - Keberkahan ilmu selalu dicari oleh setiap orang terutama para penuntut ilmu berharap mendapatkan banyak manfaat dari ilmu yang telah dipelajari.


Sayangnya untuk mendapatkan hal tersebut sangat sulit sekali bahkan berjuta-juta orang yang belajar tapi tak mendapatkan hasil yang maksimal.


Permasalahan ini pernah diungkapkan oleh Imam Zarnuji pengarang kitab Ta’limul Muta'allim. ia menjelaskan penyebab kuat yang sering dialami para penuntut ilmi tak mendapatkan keberkahan ilmunya dikarenakan meninggalkan adab, syarat dalam belajar.


baca juga:

Ilmu Menurut Imam Ar Razi dalam Tafsirnya Mafatih Al Ghaib


Di antara hal penting dicermati adalah seorang murid harus memiliki komunikasi batin dengan gurunya dengan cara selalu mendoakan kebaikan kepada gurunya. pada prinsipnya seorang murid mendapatkan ilmu dan mengembangkannya berkat bimbingan yang telah diberikan kepadanya.


Kisah Imam Hanafi selalu mendoakan gurunya


Salah satu teladan ulama terdahulu yang memiliki banyak pengikut di penjuru dunia adalah Nu’man bin Tsabit yang dikenal dengan sebutan imam Hanafi atau pendiri mazhab hanafi.


Bila ditelusuri secara mendalam, Imam Hanafi pernah berguru kepada imam Hammad bin Sulaiman, pakar fikih di daerah Kufah setelah wafatnya imam Ibrahim An Nakhai selama 15 tahun.


Keberkahan ilmu yang didapat oleh Imam Hanafi berkah doa yang selalu dipanjatkan untuk gurunya yang bernama Hammad bin Sulaiman dan semua guru yang telah mengajari dirinya dan juga orang yang belajar dari imam Hanafi.


Hal ini sesuai penjelasan imam Abdul Wahhab As Sya’rani dalam Thobaqat Al Kubra:


ما صليت قط إلا ودعوت لشيخي حماد ولكل من تعلمت منه علماً أو علمته 


Artinya: setiap sholat, aku selalu mendoakan guruku yang bernama Hammad dan kepada Guru-guru yang lain dan santri-santrinya.


Dari sini tergambar bahwa imam Hanafi hormat dan taat kepada gurunya bahkan selalu mendoakan gurunya setelah sholat.


baca juga:

Larangan Membanggakan Ilmu yang Kita Miliki


Kesimpulannya seorang murid yang mau mendoakan guru-gurunya kelak akan mendapatkan keberkahan ilmu dari gurunya serta ilmunya akan bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun ke orang lain.